Jokowi & Ma'ruf Amin Jalani Pemeriksaan Kesehatan untuk Pemilu 2019

Oleh: Lalu Rahadian - 12 Agustus 2018
"Iya persiapannya, puasa dari semalam," kata Jokowi.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin jalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Berdasarkan pantauan, Jokowi-Ma'ruf tiba di RSPAD Gatot Soebroto pukul 08.00 WIB. Mereka datang bersamaan di dalam satu mobil.

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang bertuliskan "bersih, merakyat, kerja nyata" dan celana panjang hitam. Ma'ruf Amin memakai jas dan selendang putih serta sarung.

"Iya persiapannya, puasa dari semalam," kata Jokowi. "Persiapannya, saya mengikuti semua proses yang ada," ujar Ma'ruf menambahkan.

Jokowi terlihat didampingi putra bungsunya Kaesang Pangarep dalam menjalani tes kesehatan hari ini. Ma'ruf Amin juga didampingi anak putrinya yang terakhir.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan karena menjadi salah satu syarat menjadi calon presiden dan wakil presiden di pemilu 2019. Rencananya, pemeriksaan akan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB.

Pada pemeriksaan kesehatan hari ini seluruh sekretaris jenderal partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf akan hadir. Mereka mendampingi Jokowi-Ma'ruf, dan setelahnya akan menggelar rapat finalisasi pembentukan tim kampanye nasional.

"Setelah ini juga ada rapat koordinasi dengan para sekjen melakukan finalisasi tahapan-tahapan penting dalam pemilihan ini. Ya nanti akan dilakukan finalisasi [tim kampanye] termasuk dengan Jokowi," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Berdasarkan Surat Keputusan KPU RI Nomor 1004/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2018, ada 16 jenis pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani setiap kandidat di pemilu presiden. Lama masing-masing jenis pemeriksaan berbeda-beda, mulai dari 10 hingga 90 menit. Diperkirakan tes kesehatan akan selesai dalam waktu minimal 8 jam.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Yulaika Ramadhani
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live