Jokowi akan Pangkas Jenjang Kepangkatan dalam Struktur ASN Jadi 2

Oleh: Hendra Friana - 20 Oktober 2019
Struktur ASN juga harus menghargai keahlian dan mengganti sistem eselonisasi dengan jabatan fungsional. Karena itu, Jokowi akan pangkas jenjang Kepangkatan dalam struktur ASN jadi 2.
tirto.id - Presiden Jokowidodo bakal memangkas eselonisasi dalam struktur jabatan aparatur sipil negara (ASN). Hal tersebut ia sampaikan dalam pidatonya usai dilantik sebagai Presiden untuk masa jabatan 2019-2024, hari ini (20/10/2019).

Ia mengatakan, pemangkasan jenjang kepangkatan dan golongan tersebut dibutuhkan untuk menyederhanakan birokrasi negara dan mengurangi hambatan-hambatan yang dapat mengganggu masuknya investasi.

Di samping itu, kata dia, struktur ASN juga harus menghargai keahlian dan mengganti sistem eselonisasi dengan jabatan fungsional.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," ujarnya.

Di samping itu, ia juga meminta para menteri, pejabat dan birokrat agar lebih serius dalam bekerja agar tujuan pembangunan dapat tercapai.

"Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun. Saya pastikan, pasti saya copot," tegasnya.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Penulis: Hendra Friana
Editor: Hendra Friana
DarkLight