Jokowi akan Hadiri G20 & KTT Perubahan Iklim COP26 di Glasgow

Oleh: Andrian Pratama Taher - 25 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi akan menghadiri KTT G20 di Italia, Roma dan KTT Perubahan Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia.
tirto.id - Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri sejumlah konferensi tingkat tinggi (KTT). Mantan Wali Kota Surakarta itu juga dijadwalkan akan menggelar perjalanan perdana ke luar negeri.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku bahwa Jokowi akan menggelar kunjungan pertama ke luar negeri. Ia akan bertemu dengan petinggi Uni Emirat Arab secara langsung usai menghadiri KTT COP26 World Leaders Summit pada tanggal 1-2 November 2021 di Glasgow, Skotlandia.
"Setelah dari Glasgow bapak presiden akan meneruskan perjalanan ke Abu Dhabi.selain itu bapak presiden akan melakukan pertemuan dengan ruler Dubai Muhammad bin Rasyid di Dubai," kata Retno dalam keterangan pers, Senin (25/10/2021).
Jokowi juga akan bertemu dengan Putra Mahkota Muhammad bin Zayed di Abu Dhabi. Ia juga bertemu dengan sejumlah pebisnis di Uni Emirat Arab. Jokowi juga dijadwalkan hadir pada Dubai Expo dengan mengunjungi paviliun Indonesia.
"Saat ini berbagai kerja sama baik pada level government atau G2G atau B2B masih terus dibahas dan dinegosiasikan untuk dapat dijadikan hasil kunjungan pak presiden ke Dubai dan ke Abu Dhabi," kata Retno.
Sebelum pertemuan di Abu Dhabi, ada serangkaian pertemuan yang akan dihadiri Jokowi. Pertama, Jokowi akan hadir di KTT Asean ke-38 dan 39 secara daring pada 26-28 Oktober 2021.
Kemudian, Jokowi dijadwalkan berangkat ke Roma, Italia untuk hadir dalam KTT G20 pada 30-31 Oktober 2021. Pertemuan akan menyerahkan keketuaan G20 dari Italia.
"Serah terima akan dilakukan di hari kedua KTT yaitu di tanggal 31 Oktober sementara keketuaan Indonesia atau presidensi Indonesia sendiri akan dimulai 1 Desember 2021," jelas Retno.
Di KTT G20 Roma, Jokowi akan menyampaikan tiga agenda utama yakni ekonomi, kesehatan global, perubahan iklim dan lingkungan serta pembangunan keberlanjutan. Jokowi juga akan menjadi pembicara side event untuk kebijakan mendukung UMKM.
Kemudian Jokowi akan hadir untuk KTT Perubahan Iklim atau COP26 World Leader Summit yang diselenggarakan pada 1-2 November 2021 di Glasgow. Jokowi akan menyampaikan national statement dan pernyataan bersama negara-negara kepulauan dan pulau kecil dalam Archipelagic and Island States (AIS) Forum.



Baca juga artikel terkait KTT G20 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight