Jokowi akan Berangkat Umrah Usai Debat ke-5 Pilpres 2019

Oleh: Yantina Debora - 13 April 2019
Usai debat ke-5 pilpres 2019, Jokowi akan berangkat umrah ke Tanah Suci.
tirto.id - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo akan langsung berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umrah setelah debat ke-5 Pilpres 2019.

"Iya benar (berangkat) malam ini juga," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin ketika dikonfirmasi di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (13/4/2019).

Jokowi diketahui akan berangkat umrah tidak dalam rombongan besar, tetapi hanya rombongan terbatas.

Mantan Gubernur DKI itu dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Senin (15/4/2019). Bey juga memastikan Jokowi tidak akan membawa serta perwakilan dari media untuk meliput kegiatan selama di Tanah Suci.

"Enggak ada (media) yang ikut," ucap Bey.

Selama kampanye, Jokowi telah mengelilingi sejumlah daerah padat. Pada hari terakhir kampanye, ia hadir dalam "Konser Putih Bersatu" yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) dan dihadiri banyak pendukungnya.


Usai kampanye akbar di GBK, Jokowi mengikuti debat ke-5 pilpres 2019. Debat kali ini mengusung tema soal ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan dan industri.

Debat kelima Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi dipandu oleh moderator Tomy Ristanto dan Balques Manisang.

KPU juga menyampaikan 10 panelis untuk Debat Kelima Pilpres 2019 ini seperti Mohammad Nasih (rektor Universitas Airlangga), Eddy Suratman (Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura) dan Arief Mufriani (Dosen FIB UIN Syarif Hidayatulla).

Selanjutnya, Suharnomo (Dekan FEB Universitas Diponegoro), Herman Karamoy (Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi) dan I Nyoman Mahaendra Yasa (Dekan FEB Universitas Udayana).

Hanif Amali Rivai (Dekan FE Universitas Andalas), Dermawan Wibisono (Guru Besar SBM ITB), Tukiman Tarunasayoga (Dosen Community Development Unika Soegijapranoto, Undip dan UNS) dan Rachmi Hertanti (Direktur Eksekutif Indonesia For Global Justice).

Baca juga artikel terkait DEBAT PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH