Jokowi: 4,6 Juta Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia Maret Ini

Oleh: Andrian Pratama Taher - 5 Maret 2021
Jokowi berharap kedatangan vaksin AstraZeneca dapat mempercepat target vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk Indonesia.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengumumkan 4,6 juta dosis vaksin COVID-19 dari perusahaan asal Inggris, AstraZeneca akan tiba di Indonesia pada Maret 2021.

"Insyaallah juga di bulan maret ini akan datang lagi vaksin dari Astra zeneca sebanyak 4,6 juta dosis vaksin jadi," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021) malam.

Jokowi mengatakan vaksin dari AstraZeneca akan melengkapi ketersedian vaksin COVID-19 saat ini. Indonesia sudah memiliki 38 juta dosis vaksin: sebanyak 3 juta dalam bentuk jadi dan 35 juta dalam bentuk bahan baku vaksin.

Jokowi berharap kedatangan vaksin dari AstraZeneca dapat mempercepat target vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk Indonesia untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Artinya kita bisa mempercepat proses vaksinasi dan kita tahu saat ini vaksinasi telah dilakukan dengan memprioritaskan masyarakat dengan resiko tinggi," kata dia.

Jokowi mencatat lebih dari dua juta warga negara Indonesia yang sudah disuntik vaksin COVID-19. Selain itu, sebanyak 12 juta dosis vaksin virus Corona sudah dikirim ke 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

"Sampai Juni targetnya 40 juta orang akan divaksin, kami targetkan setiap hari ada 1 juta orang divaksin, agar vaksinasi selesai sesuai dengan waktu yang diberikan," kata dia.



Baca juga artikel terkait VAKSIN ASTRAZENECA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight