Jika Lolos Verifikasi KPU, Partai Buruh Siap Tarung di Pemilu 2024

Oleh: Adi Briantika - 3 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
KSPI menyatakan jika sudah memenuhi syarat dan verifikasi KPU, Partai Buruh akan ikut bertarung dalam Pemilu 2024.
tirto.id - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan usai deklarasi dan kongres, Partai Buruh siap berkiprah dalam Pemilu 2024. Kepengurusan partai di tingkat masing-masing daerah pun mulai bergerak.

“Telah terpenuhi kepengurusan 100 persen di tingkat provinsi, 80 persen di tingkat kabupaten/kota, atau dengan kata lain ada 409 dari 514 kabupaten/kota dan kecamatan sedang bergerak dalam tiga pekan ini, bahkan mendekati 49 persen,” kata dia dalam konferensi pers daring, Minggu (3/10/2021).

Angka-angka itu hanya rata-rata saja, sebab sebaran kepengurusan per wilayah belum setara. Misalnya, ada daerah yang mencapai 80 persen kepengurusan, sedangkan di daerah lain masih 10 persen.

“Syarat untuk peserta pemilu, KPU mensyaratkan 50 persen kecamatan dan 1 kabupaten/kota. Tapi rata-rata sekarang 49 persen kecamatan. 1.000 anggota yang disetarakan dalam setiap kabupaten/kota, sudah merata di 409 daerah,” sambung dia.

Partai Buruh ini diinisiasi oleh 11 organisasi, mereka termasuk menjadi badan pendiri dan/atau pemilik partai. Iqbal berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberi ruang agar para pekerja bisa menjadi bagian vital dalam pengambilan keputusan politik di tingkat negara. Meski begitu, para buruh tak melupakan perjuangan mereka turun ke jalan melalui aksi-aksi.

“Saatnya juga kami berkontribusi buat negeri ini melalui parlemen, melalui DPR RI, DPD RI, DPRD 2, DPRD, Pilkada, pemilihan gubernur, bupati, wali kota, bahkan pemilihan presiden dan wakil presiden. Bila Tuhan berkehendak kami lolos verifikasi KPU, tentu kami terlibat dalam proses demokrasi pada tahun 2024, pemilu di Indonesia,” terang Iqbal.



Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri
DarkLight