Jenis Olahraga yang Dapat Meningkatkan Gairah Seks

Oleh: Ahmad Efendi - 7 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berbagai macam studi telah menunjukkan adanya pengaruh olahraga terhadap kehidupan seksual seseorang.
tirto.id - Rajin berolahraga penting dilakukan karena dapat menjaga kesehatan tubuh. Namun tidak sampai disitu saja, karena berolahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan seksual.

Menjaga berat badan tetap ideal dan meningkatkan stamina tubuh melalui olahraga dipercaya dapat membuat hubungan intim lebih maksimal saat berada di atas ranjang.

Melansir Health, berbagai macam studi telah menunjukkan adanya pengaruh olahraga terhadap kehidupan seksual seseorang.

Sebuah penelitian lain juga menemukan bahwa terdapat perbedaan performa seks dan kadar testosteron di antara orang yang sering melakukan kegiatan fisik atau olahraga dengan orang yang jarang melakukannya.

Lantas, apa saja manfaat serta jenis olahraga yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan seksual Anda?

Manfaat olahraga untuk meningkatkan gairah seksual


1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Dengan berolahraga secara rutin, baik pria maupun wanita dapat menjaga berat badan dan bentuk tubuhnya agar tetap ideal. Bukan hanya soal penampilan, tapi bentuk tubuh yang ideal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang akan berpengaruh terhadap gairah seksualnya.

Para peneliti di Champan University, Amerika Serikat melakukan sebuah studi dan menemukan bahwa orang yang percaya diri dengan penampilan mereka akan lebih puas dengan kehidupan seksnya dan dapat menikmati hubungan yang sehat dengan pasangannya.

Selain meningkatkan kepercayaan diri, berat badan yang ideal juga dapat menjaga stamina agar tetap prima saat berhubungan intim. Melatih stamina penting untuk dapat memvariasikan durasi bercinta.

2. Mencegah Disfungsi Ereksi

Olahraga dapat menjaga kelancaran sirkulasi darah, termasuk aliran darah yang menuju ke penis. Jadi, pria yang berolahraga secara rutin mampu menjaga kemampuan ereksinya tetap optimal.

3. Meningkatkan Gairah Seksual

Hormon testosteron mempunyai peranan penting dalam membangkitkan gairah seksual seseorang, baik pada laki-laki maupun wanita. Anda dapat menaikkan kadar hormon ini dengan cara rutin berolahraga.

Menurut hasil studi yang dilakukan di University of Texas, wanita yang berlatih kardio selama 20 menit lebih mudah bergairah saat melihat adegan erotis pada sebuah film, daripada yang tidak berolahraga. Ini berarti, dengan berolahraga, kamu akan jadi lebih mudah dan lebih cepat terangsang ketika berhubungan intim.

4. Dapat Orgasme Lebih Baik

Senam kegel diketahui baik untuk melatih otot dasar panggul. Wanita yang rajin melakukan senam kegel akan lebih mampu mengendalikan kontrasi otot-otot vagina dan mengontrol reaksi orgasme.

Sementara bagi pria, senam kegel bermanfaat agar lebih mudah mengendalikan ejakulasi dini. Kebanyakan pria yang rajin berolahraga juga dapat bertahan lebih lama saat berhubungan intim.

Sementara itu, berikut ini jenis latihan yang dapat meningkatkan gairah seksual Anda, sebagaimana dilansir dari Healthline.
  • Senam Kegel
Latihan dasar panggul ini menguatkan otot-otot di daerah bawah Anda, membantu dalam kontrol kandung kemih dan usus, serta meningkatkan fungsi seksual.
  • Bridge
Latihan ini apat dilakukan dengan memperkuat paha belakang, glutes, dan dasar panggul Anda. Manfaat dari gerakan bridge adalah untuk menguatkan otot perut, sekaligus otot pinggul, lutut, dan bahu dalam satu kombinasi gerakan.
  • Berjongkok
Sebab kaki yang lebih kuat berarti lebih meningkatkan performa seksual Anda. Targetkan paha depan, paha belakang, dan glutes dengan melakukan squat.
  • Lunges
Olahraga target paru-paru Anda dan meningkatkan stabilitas, selain itu jenis latihan ini juga akan memperkuat otot paha Anda.
  • Push up
Sebab membangun kekuatan tubuh bagian akan memungkinkan Anda untuk mendukung berat badan Anda sendiri dengan mudah dan meningkatkan rasa percaya diri dalam berhubungan seksual.
  • Lompat katak
Latihan plyometrik seperti melompat katak membutuhkan otot Anda untuk mengerahkan upaya maksimal dalam waktu yang sangat singkat. Ia akan membangun sebuah kekuatan, yang akan bermanfaat bagi kehidupan seks Anda.
  • Plank
Latihan ini bagus untuk membangun kekuatan di seluruh tubuh dan stabilitas secara keseluruhan, serta plank juga membantu menopang berat badan Anda sendiri.


Baca juga artikel terkait MANFAAT OLAHRAGA atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight