Liga Spanyol

Jelang Madrid vs Barca, Wasit Hernandez Diganti Karena Cedera

Oleh: Beni Jo - 2 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Undiano Mallenco akan memimpin laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona pada Minggu (3/3/2019) menggantikan Alejandro Hernandez Hernandez.
tirto.id - Undiano Mallenco akan menjadi wasit laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona yang akan digelar pada Minggu (3/3/2019) di Santiago Bernabeu. Ia menggantikan Alejandro Hernandez Hernandez yang mengalami cedera.

"Wasit asal Navarra Alberto Undiano Mallenco telah ditunjuk untuk memimpin pertandingan [Real Madrid kontra Barcelona] yang akan dimainkan pada Sabtu, 2 Maret 2019 pukul 20.45 waktu setempat. Ini terjadi karena wasit yang sebelumnya ditugaskan, Alejandro Hernández Hérnández, tidak akan dapat memimpin laga karena cedera," demikian keterangan resmi RFEF.

Laga pekan ke-26 Liga Spanyol itu sendiri akan menjadi pertandingan El Clasico terakhir bagi Mallenco karena dirinya akan pensiun pada akhir musim ini.

"Saya sangat beruntung karena ini adalah pertandingan terbesar di dunia dan Anda menyadari dampaknya ketika Anda pergi ke luar Spanyol," tutur Malenco dikutip Marca Jumat (1/3).

Laga pada Minggu dini hari itu akan menjadi pertandingan El Clasico yang kesepuluh bagi Mallenco sebagai wasit. Sang pengadil lapangan mengaku, dirinya punya memori, sangat gugup saat pertama kali memimpin laga yang melibatkan Los Blancos dan Blaugrana.

"Saya baru berusia 30 tahun [ketika memimpin El Clasico pertama] dan saya sangat gugup ketika saya melihat diri saya di tengah-tengah pemain besar dan saya berpikir, 'siapa yang akan mengirim saya untuk melakukan ini?'," bebernya.

Di Liga Spanyol, Undiano Mallenco sudah memimpin laga kedua tim dalam tujuh pertandingan. Dua laga diantaranya terjadi di Santiago Bernabeu. Hasilnya, Barcelona menang dua kali dengan skor 3-4 dan 2-6.

Sementara itu saat memimpin dalam lima pertandingan di Stadion Camp Nou, tuan rumah tercatat satu kali kalah di kandang sendiri.

Diawali saat kemenangan 3-0 pada musim 2004/2005, Barca memperoleh hasil imbang ketika menjamu Real Madrid dengan skor 3-3 pada musim 2006/2007.

Selanjutnya tiga laga beruntun saat dipimpin oleh Mallenco diantaranya menghasilkan kemenangan 2-1 untuk Barcelona pada musim 2009/2010, Madrid menang 1-2 pada musim 2011/2012, dan Barca menang 2-1 pada musim 2013/2014.

Sementara itu laga antara Real Madrid vs Barcelona pada Minggu besok akan menjadi laga kedua dalam empat hari terakhir bagi kedua tim. Sebelumnya mereka sudah bertemu di Santiago Bernabeu pada Kamis (28/2) dalam gelaran leg kedua semifinal Copa del Rey 2018/2019.

Barca sendiri mampu mengalahkan Real Madrid kala itu dengan skor 0-3 sekaligus meloloskan armada Ernesto Valverde menuju babak final Piala Raja musim ini melawan Valencia.






Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Beni Jo