Liga Inggris

Jelang Liverpool vs MU, Kondisi Terkini Skuat Jose Mourinho

Oleh: Beni Jo - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Big match Liga Inggris pekan ke-17 antara Liverpool vs Manchester United akan diselenggarakan pada Minggu (16/12/2018).
tirto.id - Jelang big match Liga Inggris pekan ke-17 antara Liverpool vs Manchester United pada Minggu (16/12/2018), lagi-lagi Jose Mourinho dipusingkan dengan kondisi cedera yang dialami oleh para pemainnya.

Melawan musuh bebuyutan selama ini di Liga Inggris, Manchester United membutuhkan kemenangan untuk menjaga gengsi dari tim asal Merseyside itu. Meskipun datang sebagai tim tamu, Setan Merah kemungkinan akan menunjukkan diri sebagai tim besar dan tidak mudah dikalahkan oleh Liverpool yang merupakan rival abadi mereka.

Namun, permasalahan besar saat ini menimpa para pemain Setan Merah. Berbicara usai kekalahan atas Valencia, 2-1, di Stadion Mestalla, pada pekan terakhir babak penyisihan grup Liga Champions (13/12), Jose Mourinho sebagai manajer tim mengeluhkan kondisi cedera pemainnya jelang lawatan ke Stadion Anfield Minggu pekan ini.

Chris Smalling, Victor Lindelof, Matteo Darmian, Anthony Martial, dan Diogo Dalot adalah deretan para pemain Manchester United yang dikeluhkan oleh Mourinho dan sedang mengalami cedera.

"Dua pemain yang bisa saya bawa atau tidak (jelang lawatan ke Liverpool) yaitu (David) De Gea dan (Nemanja) Matić," ungkap mantan pelatih Inter Milan itu, dilansir dari situs resmi Manchester United, Kamis (13/12).

Dua pemain itu tidak dibawa ke Spanyol saat menghadapi Valencia. Sergio Romero diturunkan menggantikan David De Gea sebagai kiper utama saat mengawal gawang Setan Merah melawan Valencia. Sedangkan sebagai cadangan, ada nama Lee Grant.

Menurut catatan Whoscored, Romero berhasil melakukan dua kali penyelamatan, dengan akurasi umpan 57%, dan mendapatkan nilai 6,1. Sang kiper asal Argentina sendiri harus memungut bola dua kali dengan salah satunya hasil dari gol bunuh diri Phil Jones.

Di posisi ini, masih ada keraguan bagi Mourinho untuk memainkan Romero pada laga melawan Liverpool.

"Masih tanda tanya apakah akan menurunkan (Sergio) Romero atau tidak. Romero adalah penjaga gawang yang baik, saya bahkan pernah memainkannya di final Liga Eropa beberapa tahun lalu," tambah The Special One.

Sedangkan mengenai Matić, menurutnya, pemain asal Serbia itu masih memerlukan istirahat selama berminggu-minggu dan dengan berkelakar, jika tetap memainkannya, maka Matić bisa saja "meledak" apabila tetap dipaksakan. Opsi terakhir, kemungkinan sang pemain akan ditinggalkan.

Nama lain yang dikeluhkan adalah Marcos Rojo. Defender yang menurut Mourinho dipaksakan bermain dalam tiga laga terakhirnya itu, juga mengalami cedera saat melawan Valencia. Dia mengaku harus melakukan rotasi antara Rojo dengan Ashley Young. Pada menit ke-46, pemain asal Argentina itu ditarik keluar dan digantikan oleh Young.

Melihat kondisi di atas, bisa menjadi alasan bagi Mourinho untuk menampik permasalahan pada permainan anak buahnya selama ini. Setelah dikalahkan Valencia dan akhirnya menduduki peringkat kedua klasemen akhir Liga Champions di bawah Juventus, Setan Merah harus dihadapkan pada laga berat melawan The Reds.

Liverpool yang berstatus pemuncak klasemen sementara, dan akan bermain di hadapan publik sendiri, menjadi lawan yang tidak mudah bagi Mourinho. Liverpool juga mempunyai rekor tidak terkalahkan sepanjang gelaran Liga Inggris musim 2018/2019.

Selain itu, Mourinho dituntut untuk mengangkat posisi Setan Merah saat ini yang masih berada di peringkat keenam, posisi terbawah diantara klub-klub besar Liga Inggris macam Liverpool, Manchester City, Tottenham, Chelsea, dan Arsenal.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo