Jelang Final Copa America 2019, Brasil Waspadai Kejutan Peru

Oleh: Beni Jo - 6 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meski Peru kalah telak atas Brasil di fase grup, mereka mampu membuat kejutan di perempat final dan semifinal.
tirto.id - Brasil dengan gagah melibas Peru lima gol tanpa balas di babak penyisihan. Di laga final, Peru yang sekarang berbeda dengan mereka saat fase grup Copa Amerika 2019. Gelandang tengah Brasil Casemiro menyebut, timnya akan mewaspadai kekuatan lawannya yang berpotensi membuat kejutan, seperti saat Peru mengandaskan Uruguay dan Chile.

"Peru yang besok [babak final] adalah tim lain, sangat berbeda dari yang kami hadapi di babak penyisihan grup. Tidak ada gunanya mengharapkan ini menjadi laga yang mudah karena itu tidak akan terjadi," ujar Casemiro dikutip laman resmi CBF, Jumat (5/7/2019).

"Ini adalah pertandingan final. Laga final tidak main-main, harus meraih kemenangan. Ini adalah laga dengan dimensi lain, kami harus menghormati lawan," tambah penggawa Real Madrid itu.

Rekan Casemiro, Alex Sandro mengatakan, lolosnya Peru juga merupakan hasil kerja keras mereka di sepanjang turnamen ini.

Bagi Sandro, bisa bertanding di Stadion Maracana merupakan sebuah impian bagi setiap anak di Brasil. Maka, ia pun berharap duel final itu akan menjadi sangat istimewa.

"Jika Peru mampu mencapai final, mereka patut mendapatkan hasil itu. Tim ini tumbuh selama kompetisi, seperti juga kami. Saya pikir masing-masing tim yang lolos laga puncak ini juga berdasarkan prestasinya," tutur Alex Sandro, dikutip situs web resmi CONMEBOL.

"Sangat emosional sekali bisa bermain di Maracana. Ini adalah impian setiap anak, di situlah impian semua pemain dimulai. Laga ini akan menjadi pertandingan final yang istimewa," tandas pemain asal Juventus itu.

Selecao sendiri sempat mengalahkan Peru dengan skor 0-5 pada fase grup. Tim asuhan pelatih Tite itu bahkan sudah mampu unggul 0-3 pada paruh pertama.

Casemiro memulai pesta gol Tim Samba setelah membobol gawang yang dikawal oleh Pedro Gallese pada menit ke-12. Berikutnya, Roberto Firmino dan Everton juga turut menyumbangkan gol hingga unggul 0-3 memasuki waktu istirahat.

Seolah tidak puas, Dani Alves kembali menciptakan gol pada menit ke-53. Dan akhirnya Willian menjadi penyumbang terakhir setelah lesakannya pada menit ke-90 mampu membawa kemenangan 0-5 bagi Brasil.

Peru sendiri lolos ke laga puncak setelah mengalahkan Uruguay 4-5 dalam adu penalti di perempat final berlanjut unggul 0-3 atas Chile di semifinal.

Di fase grup, selain tumbang 0-5 atas Brasil, Peru hanya mampu meraih satu kemenangan atas Bolivia (1-3), sisanya imbang saat ditahan tanpa gol oleh Venezuela.

Adapun Brasil, yang mengalahkan Paraguay 4-3 juga lewat adu penalti di perempat final, melaju ke final usai mengandaskan Argentina 2-0 di empat besar.

Laga final Copa America 2019 Brasil vs Peru sendiri bakal digelar di Stadion Maracana pada Senin (8/7) dini hari tepatnya pukul 03.00 WIB.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight