Jelang Debat Pilpres, Jokowi Temui Para Ketua Umum Partai Pendukung

Oleh: Felix Nathaniel - 15 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dua hari menjelang debat Pilpres 2019 tahap pertama, Jokowi bertemu dengan sejumlah ketua umum partai pendukungnya. Di antara yang menghadiri pertemuan itu, adalah Megawati.
tirto.id - Capres nomor urut 01 Joko Widodo menggelar pertemuan dengan sejumlah ketua umum partai-partai pendukungnya pada Selasa malam (15/1/2019) atau 2 hari menjelang Debat Pilpres 2019 tahap pertama. Mereka makan malam bersama di sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta.

Dari pantauan reporter Tirto, mobil Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) dan beberapa anggota pasukan pengamanan presiden (paspampres) sudah tiba di lokasi pertemuan.

Pertemuan ini terkonfirmasi oleh foto unggahan Romi di akun Instagramnya. Di foto itu, terlihat sejumlah ketua umum partai pendukung Jokowi menghadiri acara makan malam bersama.

Mereka ialah Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Hanura Osman Sapta Oedang dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Foto itu diunggah Romi pada jam 19.00 WIB dan pertemuan masih berlangsung hingga pukul 22.00 WIB. Di foto itu, hanya terlihat Jokowi yang menghadiri pertemuan. Sementara Ma'ruf Amin tidak terlihat.

Belum diketahui apa yang menjadi pembahasan Jokowi dengan para Ketua Umum partai pendukungnya di Pilpres 2019 itu.

Sementara berdasar pernyataan Romi di akun Instagram miliknya, pertemuan ini membahas seputar debat perdana Pilpres 2019.

"Ngobrol pintar menuju debat capres pertama, 17 Januari 2019. Semua memberi masukan kontruktif hasil penyerapan aspirasi rakyat di lapangan," tuli Romi di unggahannya.

Debat pertama akan membahas topik hukum, terorisme, HAM, dan korupsi. Sejauh ini Jokowi-Ma'ruf Amin sama-sama melakukan persiapan jelang debat. Namun Ma'ruf memang mendapat persiapan yang berbeda.

Tim debat Jokowi-Ma'ruf sudah menyatakan akan melakukan simulasi debat, tapi tidak menyebut jadwal pastinya.

“Hanya sekali saja [simulasi debat] bareng nanti. Waktunya memang dirahasiakan, tidak dibuka. Tapi hanya sekali untuk coaching [latihan],” kata Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Aria Bima di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, pada 11 Januari 2019 lalu.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Addi M Idhom
DarkLight