Jelang Cardiff vs Man United, Solskjaer Melawan Mantan Tim

Oleh: Permadi Suntama - 22 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Ole Gunnar Solskjaer akan menjalani debutnya sebagai manajer MU dalam laga kontra Cardiff pada Minggu (23/12) dini hari. Cardiff adalah tim yang pernah ditangani Solskjaer.
tirto.id - Ole Gunnar Solskjaer akan mengawali debutnya sebagai manajer tim utama Manchester United pada pekan ke-18 Liga Inggris, dengan menyambangi Cardiff City di Stadion Cardiff. Laga yang akan berlangsung Minggu (23/12/2018), pukul 00.30 WIB dini hari, bakal membawa manajer asal Norwegia tersebut "bernostalgia" dengan Cardiff.

Solskjaer pernah menukangi Cardiff City musim 2013/2014, dan membawa klub tersebut terhempas ke Divisi Championship pada akhir musim. Catatan yang ditorehkan oleh Solskjaer tidak begitu baik, 18 kali memimpin The Bluebirds di Liga Inggris, ia mencatatkan 12 kali kalah, 3 kali seri dan hanya meraih 3 kemenangan.




Kendati gagal menyelamatkan Cardiff City dari degradasi, Solskjaer sempat diberi kesempatan oleh manajemen klub untuk menukangi tim tersebut di Divisi Championship 2014/2015. Namun, diberi mandat untuk membawa The Bluebirds kembali ke Liga Inggris, Solskjaer menjalani start buruk, dan akhirnya diberhentikan dari posisi manajer.

Pertandingan dini hari nanti, akan menajdi ajang pembuktian Solskjaer untuk menunjukkan kemampuannya dalam meramu tim. Dengan The Red Devils saat ini masih tertahan di peringkat enam klasemen Liga Inggris, dan berjarak cukup jauh dengan lima tim di atasnya, Solskjaer berpeluang mendongkrak performa tim.

Wes Brown, bek yang pernah membela Manchester United dan bermain bersama Solskjaer yakin, manajer yang semasa menjadi pemain berposisi sebagai penyerang tersebut akan mengembalikan United ke jalur kemenangan.



"Ole adalah pria yang baik dan dia (memiliki kemampuan) hebat saat menjadi pemain. Dia sudah berpengalaman menangani beberapa tim dan dia kembali. Dewan membuat keputusan yang brilian dengan memilih Ole sebagai manajer tim.

“Saya yakin dia akan mendapatkan senyum di wajah para pemain muda. Dia akan mencoba membuat mereka menikmati sepak bola mereka. Saat ini, hal itulah yang kami butuhkan,” kata Brown dikutip situs resmi Manchester United (22/12/2018).

Solskjaer dikontrak manajemen Setan Merah hingga akhir musim, menggantikan Jose Mourinho yang dipecat usai Romelu Lukaku dan kolega ditaklukkan Liverpool dengan skor 1-3 di Anfield, pekan lalu. Dalam pernyataan di situs resmi klub, manajemen The Red Devils, menyebut Solskjaer akan tetap di posisinya sampai klub menemukan sosok yang tepat untuk menjadi manajer tim utama.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama