Jelang Asian Games 2018, Anies Janjikan PKL Rapi per 22 Juli

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 9 Juli 2018
Saat ini Pemprov DKI masuk ke fase akhir penataan kawasan untuk Asian Games yang akan digelar pada 8 Agustus 2018.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjanjikan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) akan rampung pada 22 Juli 2018 seperti yang ditargetkan Pemprov untuk pelaksanaan Asian Games 2018.

"Jadi kita sesuai dengan jadwal nanti rute Sudirman sudah akan lurus rata rapi per 22 Juli," kata Anies, di Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Pulogadung, Senin (9/7/2018).

Hal ini, kata Anies, karena pengelolaan PKL langsung berada di bawah pimpinan Asisten Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Yusmada yang akan mengelola hal ini secara lintas sektor.

"Dan Anda sudah lihat sekarang sebagian dari jalan-jalan itu sekarang sudah rata dan lurus, nanti rapinya kita tuntaskan di akhir Juli ini," kata Anies.

Anies menyatakan, saat ini Pemprov DKI memang sedang masuk ke fase akhir penataan kawasan untuk Asian Games yang akan digelar pada 8 Agustus 2018.

Lebih lanjut, kata Anies, target utama pengelolaan kawasan ini adalah sekitar Senayan yang menjadi tempat utama perhelatan tersebut sudah rapi sebelum perhelatan dimulai.


Karena, kata Anies, meskipun penumpukan massa diperkirakan berada di kawasan Sudirman-Thamrin, tapi kegiatan atlet dan pelaksana acara akan lebih banyak di kawasan Senayan.

"Semuanya ditata dan kita termasuk di lingkungan sekitar wisma atlet. Jangan karena kita tidak berada di sekitar wisma atlet kita tidak memperhatikan," kata Anies.

Selain menata PKL, Pemprov DKI Jakarta juga memberlakukan kebijakan perluasan ganjil genap selama Asian Games untuk mengurai kemacetan. Perluasan tersebut, salah satunya di kawasan Arteri Pondok Indah.

Uji coba perluasan ganjil genap juga telah dilakukan sejak 3 Juli lalu sampai 31 Juli mendatang. Namun, Anies menyatakan belum berencana memberlakukan kebijakan tersebut secara permanen setelah Asian Games rampung.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Dipna Videlia Putsanra