Jejak Karier EXO yang Hari Ini Rayakan Anniversary Debut ke-8

Oleh: Maria Ulfa - 8 April 2020
Dibaca Normal 3 menit
Boy group EXO memulai debutnya pada 2012 dengan 12 personel yang dipisah menjadi 2 sub group, yaitu Korea dan Mandarin.
tirto.id - Boy group EXO baru saja merayakan anniversary debut mereka yang ke-8 pada hari ini, Rabu (8/4/2020).

Para penggemar EXO, EXO-L merayakan hal tersebut dengan membuat tagar #우리의_청춘_시대는_엑소라고_부른다 (yang artinya, Masa Muda Kami Disebut EXO) di Twitter.

Tagar #우리의_청춘_시대는_엑소라고_부른다 berhasil menempati posisi pertama dalam tren worldwide di Twitter dengan lebih dari 1,3 juta twit, demikian seperti dikutip Soompi.

Salah satu personel EXO, Baekhyun lantas memberikan balasan dengan membuat utas di Twitter dengan mengatakan, “Masa muda kami disebut EXO-L! Aku cinta kalian, EXO-L!!” cuit Baekhyun dalam akun Twitter pribadinya tersebut.

EXO Debut pada 2012

EXO memulai debutnya pada 2012 dengan 12 personel yang dipisah menjadi 2 sub group, yaitu EXO-K (Korea) dan EXO-M (Mandarin) dalam upaya untuk menarik pasar musik di dua negara itu secara bersamaan. EXO melakukan debut di bawah SM Entertainment pada 8 April 2012 dengan lagu "MAMA".

Namun mulai tahun 2014, tiga member EXO (EXO M) keluar dari grup di antaranya Kris yang hengkang pada tahun 2014, kemudian disusul oleh Luhan dan Tao yang keluar pada tahun 2015.

Kini, EXO beranggotakan 9 personel di antaranya Suho, Xiumin, Baekhyun, Chen, D.O, Chanyeol, Kai, Sehun, dan juga Lay.

Kemudian, EXO mulai mendapatkan perhatian publik melalui lagu "Growl" serta mendapatkan banyak cinta berkat lagu-lagu mereka seperti "Wolf", "Overdose", "Call Me Baby", "Monster", "Ko Ko Bop", "Obsession", dan masih banyak lagi.

Grup ini tidak hanya menjadi bahan pembicaraan di Korea Selatan tetapi juga di seluruh dunia.

Mulai dengan tampil di depan dunia pada upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin 2018 hingga menjadi grup KPop pertama yang wajahnya ditampilkan pada Burj Khalifa, Dubai, demikian seperti dikutip Teen Vogue.

Bentuk Sub-Unit

Sub-unit pertama EXO adalah EXO-CBX (Chen, Baekhyun, Xiumin) yang dibentuk pada 2016 lalu. Sejauh ini CBX setidaknya telah merilis 4 album, 5 single, dan telah mengisi 4 lagu soundtrack.

Selain bentuk sub-unit EXO-CBX, SM Entertainment juga membentuk EXO-SC (Sehun-Chanyeol) yang akhirnya melangsungkan debut pada 22 Juli 2019 lalu dengan album What a Life.

Sementara mini albumnya bertajuk What a Life akan berisi 6 lagu bergenre hip-hop, termasuk title track "Closer To You" dengan nuansa yang emosional, lagu "What a life" yang membawakan energi yang cerah dan positif, dan "Just Us 2" dengan melodi yang cocok dengan musim panas.

Selain itu, Baekhyun dan Kai juga menjadi bagian dalam grup sub-unit bentukan SM Entertainment, SuperM yang debut pada 4 Oktober 2019 lalu lewat lagu “Jopping”.

Para Anggota EXO Mulai Debut Solo

Setelah debut hampir 7 tahun, akhirnya pada 2019, Chen menjadi personel EXO pertama yang melakukan debut solo.

Walaupun sebelumnya Lay telah melakukan debut solonya di Cina, Chen menjadi personel pertama EXO yang melebarkan karier sebagai artis solo di Korea Selatan.

Sebelumnya, Chen telah debut bersama Baekhyun dan Xiumin untuk sub unit EXO, yakni EXO-CBX pada 2016 dengan lagu “Hey Mama!” yang dirilis pada 31 Oktober 2016.

Chen dikenal sebagai anggota EXO yang memiliki kemampuan vokal dan bernyanyi yang luar biasa, ia sering mengisi original soundtrack (OST) untuk beberapa drama Korea populer, seperti “The Best Luck” (It’s Okay That’s Love), “Everytime” (Descendants of the Sun), “For You” (Lovers: Scarlet Heart Ryeo) dan masih bayak lagi.

Kemudian, Baekhyun menjadi anggota EXO selanjutnya yang melakukan debut solo di Korea dengan merilis album City Light pada Juli 2019 lalu.

Disusul dengan leader EXO, Suho yang akhirnya juga melangsungkan debut solo pada 30 Maret 2020 lewat mini album pertama bertajuk Self-Portrait dengan lagu utama “Let’s Love”.

Suho yang debut sebagai leader grup EXO pada 2012 terus dicintai publik berkat suara merdu serta penampilan kuatnya selama delapan tahun berkarier.

Kemungkinan Suho akan berkarier solo telah terlihat sebelumnya dalam lagu solo pertamanya di SM STATION, "Curtain". Tidak hanya itu, Suho telah membangun karier musik yang stabil dengan menyanyikan OST untuk sejumlah drama dan film.

Karier Akting

Selain eksis bersama grup, beberapa personel EXO mulai melebarkan kariernya di dunia akting. Salah satunya adalah D.O juga berhasil menunjukkan talentanya di dunia akting.

Ia mulai dikenal dengan bakat perannya setelah bermain dalam drama berjudul It’s Ok That’s Love (2014).

Pada 2018 lalu, D.O tampil sebagai pemeran utama dalam drama 100 Days My Prince. Tak hanya di serial televisi, D.O juga kerap bermain dalam film layar lebar.

Sejauh ini setidaknya ia telah bermain di 7 film, yakni Cart (2014), Pure Love (2016), My Annoying Brother (2016), Room 7 (2017), Along with The Gods: The Two Worlds (2017), Along with The Gods: The 49 Last Days (2018), dan Swing Kids (2019).

Selain itu, personel EXO lainnya, Suho merupakan artis multitalenta yang juga beraktivitas di dunia akting lewat film Glory Day (2016), Student A (2018), drama Rich Man (2017), serta drama musikal The Man Who Laughs.

Suho membuktikan kemampuannya dengan menerima penghargaan Discovery of the Year dalam acara penghargaan 15th Jecheon International Music & Film Festival (JIMFF) serta dipilih menjadi ambasador untuk acara Festival Film Internasional Makau Ke-4 tahun lalu.

Selain D.O dan Suho, para anggota EXO lainnya yang juga mulai terjun ke dunia akting adalah Sehun lewat drama EXO Next Door (2015) dan Dokgo Rewind (2018). Sebelumnya, Sehun juga sempat muncul dalam drama To The Beautiful You (2012).

Kemudian, Baekhyun juga muncul dalam drama To the Beautiful You (2012), EXO Next Door (2015), hingga Moon Lovers: Scarlet Heart Ryoe (2016).

Lalu, Kai adalah anggota berikutnya yang juga melakukan debut akting dengan membintangi drama Andante (2017), The Miracle We Met (2018) hingga drama Jepang Haru Ga Kita (2018).

Kemudian, disusul dengan Chanyeol yang memulai karier aktingnya lewat film Salut D’Amour (2015), lalu film Mandarin, So I Marrid an Anti-Fan (2016). Kemudian Chanyeol juga membintangi drama Missing Nine (2017), dan Memories of Alhambra (2018).

Xiumin & D.O Jalani Wajib Militer

Member tertua EXO, Xiumin telah mengikuti wajib militer (wamil) terhitung mulai 7 Mei 2019. Pria yang memiliki nama asli Kim Min Seok ini berangkat wamil tanpa perayaan khusus. Ia juga berangkat secara diam-diam, tanpa memberitahukan lokasi dan waktu pastinya.

Pria berusia 30 tahun ini, menjadi member EXO pertama yang menjalani wajib militer. Hal tersebut telah diantisipasi oleh EXO-L mengingat Xiumin adalah member tertua di EXO.

Kemudian, tak bebrapa lama kemudian, Do Kyungsoo atau yang akrab disapa D.O juga memulai tugas wajib militernya di Korea Selatan pada 1 Juli 2019 lalu.

Sesaat setelah jadwal wajib militernya dirilis, D.O kemudian menulis surat di fan café resmi EXO-L (penggemar EXO). D.O mengatakan bahwa dirinya akan kembali dari tugas wamil dengan sehat dan selamat.

“EXO-L, kalian terkejut bukan dengan berita yang tanpa diduga-duga? Aku awalnya ingin menyampaikan berita ini pertamakali kepada kalian, karenanya hatiku sakit saat ini karena aku sedikit terlambat,” tulis D.O, seperti dikutip Soompi.

“Aku menulis surat ini karena aku ingin mengatakan, sebagaimana keputusan ini dibuat setelah melalui banyak pertimbangan, aku akan kembali dengan sehat dan selamat,” lanjutnya.


Baca juga artikel terkait ANNIVERSARY EXO KE-8 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight