Jeff Bezos Mundur dari Amazon, Digantikan Andy Jassy

Oleh: Nurul Qomariyah Pramisti - 3 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jeff Bezos mundur dari jabatan CEO Amazon mulai kuartal III. Namun, ia akan tetap terlibat di Amazon.
tirto.id - Jeff Bezos menyerahkan tampuk kepemimpinannya di Amazon kepada Andy Jassy, yang sebelumnya memimpin Amazon Web Services (AWS). Bezos akan meninggalkan jabatannya sebagai CEO mulai kuartal III, tetapi akan tetap terlibat di Amazon.

Jassy sudah bergabung dengan Amazon sejak tahun 1997. Ia memimpin divisi AWS yang memberikan kontribusi besar dalam kenaikan laba Amazon.

“Saya semangat untuk mengumumkan bahwa kuartal ketiga ini, saya akan pindah jadi pimpinan eksekutif Dewan Amazon dan Andy Jassi akan menjadi CEO,” kata Bezos, dalam suratnya kepada karyawan, seperti dilansir CNBC.

Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994. Amazon bertransformasi dari sekadar toko buku online hingga kini menjadi peritel online terbesar dengan jangkauan seluruh dunia.

Di bawah kepemimpinan Bezos sebagai CEO, Amazon bertransformasi dan tumbuh pesat. Menurut CNBC, kapitalisasi pasar Amazon menembus $1 triliun pada Januari tahun 2020. Kini, kapitalisasi pasar Amazon sudah menembus $1,6 triliun.

Bezos mengatakan, dirinya ingin memfokuskan energi dan perhatiannya untuk produk-produk baru dan prakarsa awal Amazon.

Kabar dari Bezos datang bersamaan dengan laporan keuangan kuartal IV tahun 2020. Amazon berhasil meraih pendapatan hingga $125,56 miliar, atau melebihi ekspektasi Wall Street. Inilah untuk pertama kalinya Amazon menembus penjualan $100 miliar. AWS mencatat kenaikan pertumbuhan pendapatan hingga 28%.

Saham Amazon naik 1% pada perpanjangan perdagangan. Selama tahun 2021, saham Amazon sudah naik hingga 4%, dan selama 12 bulan terakhir melonjak 70%. Amazon banyak diuntungkan selama masa pandemi, yang mendongkrak penjualan online.

Forbes mencatat Bezos sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaannya diperkirakan mencapai $196,2 miliar atau berarti lebih besar ketimbang cadangan devisa Indonesia yang sebesar $135,897 miliar. Bezos tercatat memiliki 11,1% saham Amazon. Tahun 2019, ia bercerai dari istrinya, MacKenzie Scott setelah 25 tahun menikah. Ia menyerahkan seperempat sahamnya di Amazon kepada mantan istrinya. Namun, MacKenzie kemudian menyumbangkan uang dari perceraiannya itu untuk amal.

Bezos sendiri pada April 2020 mengumumkan akan memberikan $100 juta kepada Feed America, sebuah lembaga nirlaba yang mengoperasikan bank makanan dan dapur umum untuk seluruh AS.






Baca juga artikel terkait JEFF BEZOS atau tulisan menarik lainnya Nurul Qomariyah Pramisti
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor: Abdul Aziz
DarkLight