Jawara Betawi Wajib Dukung Jokowi karena Ma'ruf Pendekar Silat

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 6 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Muhyiddin mengatakan puluhan pendekar silat Betawi mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin karena Ma'ruf Amin tidak hanya dikenal sebagai figur ulama, tetapi juga punya sejarah kuat dengan pencak silat dan kejawaraan di Banten.
tirto.id - Puluhan pendekar silat Betawi yang tergabung dalam Forum Ulama dan Jawara Betawi mengajak seluruh pendekar silat untuk mendukung pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

"Sangat wajar dan wajib hukumnya para jawara, pendekar dan pesilat mendukung pasangan Jokowi dan Kiai Ma'ruf," kata pimpinan perguruan silat Misar Siban sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Cipete, Jakarta Selatan, K.H Muhyiddin Ishaq saat menyatakan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Muhyiddin yang hadir bersama Pendiri Ormas Kembang Latar, Mat Bendot dan puluhan ulama serta jawara Betawi, mengatakan bahwa Ma'ruf Amin tidak hanya dikenal sebagai figur ulama, tetapi juga punya sejarah kuat dengan pencak silat dan kejawaraan di Banten.

"Kita pendekar harus memenangkan Kiai Ma'ruf. Alasannya jelas, Kiai Ma'ruf adalah ulama mumpuni. Sanad dan nasabnya jelas dari para ulama besar nusantara dan beliau juga pendekar, jawara dari Banten," ujarnya.

Menurut Muhyiddin, sebagai putra Banten, Ma'ruf semasa muda juga menguasai silat dan turut melestarikan pencak silat di Nusantara.

Muhyiddin juga mengatakan bahwa menurutnya budaya mendalami agama dan bela diri silat ini biasa dilakukan putra Betawi, putra Pasundan, putra Minang dan daerah-daerah lain di Nusantara.

Bagi Muhyiddin dukungan pendekar silat ini menambah panjang deretan dukungan pendekar silat bagi pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Sebelumnya jawara Banten, Jawa Barat, serta Organisasi Pencak Silat Pagar Nusa juga telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau Jawara Banten, Jawara Pasundan, Pagar Nusa sudah lebih dulu mendukung Kiai Ma'ruf. Sekarang giliran para pendekar Betawi," ujar Muhyiddin.

Pendiri Ormas Kembang Latar, Mat Bendot menambahkan pihaknya siap mengerahkan anggotanya untuk berpartisipasi aktif menyukseskan dan mengamankan Pemilu 2019.

Ia juga mengatakan akan mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang berintegritas dan berakhlakul karimah, yakni pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Kita bukan pembela ulama tapi kita pecinta ulama. Kita mau mengumpulkan temen-temen dan seluruh anggota supaya bisa memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf yang merupakan pemimpin berakhlakul Karimah. Beliau berdua juga adalah pasangannya terbaik, sinergi Umaro dan Ulama," ujar Mat Bendot.




Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Maya Saputri
DarkLight