Jawaban Setneg soal Isu Jokowi Reshuffle Kabinet Akhir Maret 2022

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 20 Mar 2022 08:37 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Setneg merespons isu soal Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet pada akhir Maret 2022.
tirto.id - Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menilai kinerja menteri saat ini sudah berjalan dengan baik. Pemerintah mengklaim sudah berjalan di langkah yang tepat.

Hal itu merespons kabar reshuffle kabinet Jokowi pada akhir Maret 2022 yang sempat diembuskan sejumlah politikus pada awal Maret 2022 lalu.

"Tim yang bekerja saat ini sudah menghasilkan kepuasan publik yang besar. Jadi, semangat ini harus terus terjaga dan meningkat ke depannya. Kami kira itu tujuan kita sekarang. Kita berada di jalan yang tepat," kata Faldo dalam keterangan, Minggu (20/3/2022).

Faldo menuturkan, isu reshuffle sudah kerap kali diembuskan kepada publik, apalagi mendekati hari Rabu Pon. Sebagai catatan, Presiden Jokowi dinilai punya pakem saat mengganti kabinetnya. Salah satu pakem tersebut adalah mengganti menteri di hari Rabu sesuai penanggalan Jawa seperti Rabu Pon atau Rabu Pahing.

Menurut Faldo, isu bongkar kabinet pada Rabu Pon termasuk aksi gosip politik. "Soal bongkar pasang kabinet ini. Kalau gosip politik selalu ada jelang Rabu Pon. Memang begitu kan imannya orang-orang politik, jadi ya sudah biasa lah," tutur Faldo.

Faldo memandang, kerja pemerintah semakin penuh tantangan di masa depan. Meskipun tim yang ada sudah mumpuni, Faldo menilai Jokowi akan mengambil sikap yang tepat dalam menghadapi tantangan tersebut.

"Pekerjaan ke depan akan semakin banyak, maka tim yang diperlukan harus qualified dan solid. Kita sudah punya semua, maka kita tunggu tantangan baru apa yang dinilai penting oleh Presiden untuk direspons, jadi jangan terus imajinasikan bagi-bagi kue politik seperti yang biasa diyakini pemain politik," kata Faldo.



Baca juga artikel terkait RESHUFFLE KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri

DarkLight