Jaringan Bomber Gereja Makassar Tambah 3, Total 16 Terduga Teroris

Reporter: Antara - 1 April 2021
Enam belas terduga teroris di Makassar terkait bom gereja telah ditangkap dan sedang diinterogasi.
tirto.id - Tiga orang diduga terkait jaringan pengebom Gereja Katedral Makassar ditangkap oleh polisi. Hingga Kamis (1/4/2021) dengan demikian total 16 terduga teroris telah ditangkap.

"Hari ini ada tiga orang diamankan Densus 88. Total yang diamankan sampai hari ini sebanyak 16 orang di wilayah Makassar dan sekitarnya," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E Zulpan, Kamis.

Ketiga terduga teroris ditangkap di lokasi terpisah sejak Kamis pagi. Dari jumlah itu enam adalah perempuan dan 10 laki-laki. Mereka kini menjalani interogasi untuk mengungkap jaringan pengebom bunuh diri gereja di Makassar saat umat Katolik ibadah di Minggu Palma (28/3).

Zulpan juga bilang ada dua orang, di luar 16 terduga teroris, telah dipulangkan karena tidak punya kaitan. Ke-16 orang ini masih berada di Makassar untuk diperiksa intensif.

"Semua masih di Makassar, masih diperiksa di Polda. Untuk barang bukti belum bisa disampaikan secara detail, nanti setelah lengkap semua termasuk statusnya akan dirilis. Semua terduga diamankan ada di Sulsel, wilayah Makassar dan sekitarnya," ucap Zulpan.

Semalam, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan total ada 23 terduga teroris ditangkap baik terkait atau tidak dengan pengebom bunuh diri di Makassar. Salah satunya seorang terduga berinisial W yang diduga sebagai otak perakit bom panci yang meledak dan mewaskan pasangan suami istri L dan Y di depan gereja dan melukai belasan orang.



Baca juga artikel terkait TERORISME atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight