Janjikan 3 Kartu Baru, Jokowi: Saya Konsentrasi ke Pembangunan SDM

Oleh: Adi Briantika - 3 Maret 2019
Jokowi menyatakan program 3 kartu baru digagas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.
tirto.id - Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo menjelaskan tujuannya menggagas program pembagian tiga kartu baru yang akan dibagikan ke masyarakat jika ia memenangkan Pilpres 2019.

Jokowi menjelaskan tujuan pembagian tiga kartu tersebut saat menghadiri deklarasi dukungan ormas Pemuda Pancasila kepada dia dan Ma'ruf Amin pada hari ini.

“Ada Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Kartu Pra Kerja, dan Kartu Sembako Murah,” kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (3/3/2019).


Menurut Jokowi, pembagian tiga kartu baru itu akan memberikan peluang bagi masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan tinggi dan pekerjaan. Tujuan peluncuran kartu itu nanti dalam rangka memajukan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

“Sebab Indonesia ingin memiliki sumber daya manusia premium, yang diharapkan akan banyak lagi anak-anak yang kami berikan beasiswa untuk kuliah di dalam dan luar negeri,” kata Jokowi.

Dia menegaskan Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menghadapi kompetisi antarnegara yang semakin ketat.

“Lima tahun ke depan saya akan berkonsentrasi dalam pembangunan sumber daya manusia,” ujar Jokowi.


Ketika Jokowi datang di acara deklarasi Pemuda Pancasila pada Minggu sore, lagu Metallica berjudul Enter Sandman sempat diputar oleh panitia. Suasana riuh menyambut kehadiran suami dari Iriana Joko Widodo itu.

Acara itu turut dihadiri Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf, Pemuda Pancasila juga menyatakan akan berupaya memastikan Pemilu 2019 berlangsung aman dan sukses, memerangi ujaran kebencian dan hoaks dan menyerukan agar masyarakat tidak golput.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Addi M Idhom