James Ingram, Penyanyi Pemenang Grammy Meninggal di Usia 66 Tahun

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 30 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
James Ingram meninggal di usia 66 tahun pada Selasa (29/1/2019).
tirto.id - James Ingram, salah satu penyanyi R&B tahun 1980-1990an tutup usia di usia 66 tahun pada Selasa (29/1/2019).

Kabar meninggalnya James Ingram ini dikonfirmasi oleh teman lama Ingram, Debbie Allen di akun twitternya.

“Aku kehilangan teman terbaikku dan rekan kreatif di Celestial Choir, James Ingram. Dia akan selalu disayangi, dicintai, dan dikenang atas kejeniusannya, cintanya pada keluarga dan humanismenya. Aku diberkati karena bisa dekat dengan dia. Kami akan selamanya mengingat namanya,” tulisnya.

Selain Allen, penyanyi R&B Gladys Knight juga turut menyampaikan duka citanya yang mendalam di akunnya.

“Satu lagi teman terkasih sedang bertransisi [dari kehidupan fana kepada kekekalan]. James Ingram, suaranya akan diingat dan dikenang, insan luar biasa yang penuh suka cita. Saya sampaikan duka cita mendalam bagi isteri dan keluarganya. Dia akan dirindukan dan beristirahat dengan tenang,” tulisnya, dilansir Variety.

Tidak ada detail rinci mengenai kematian musisi yang selama hidupnya telah memenangkan dua Grammy Awards dan dua kali nominasi Oscar ini.

Ingram mengumpulkan dua piala Grammy untuk lagunya, One Hundred Ways, hasil duet dengan Michael McDonald dan Yah Mo B There yang memenangkan Best R&B Performance by A Duo or Group With Vocals pada 1984.

Dia juga dinominasikan Back-to-back Best Original Song Oscars tahun 1993 dan 1994, atas lagunya The Day I Fall In Love dari film Beethoven’s 2nd dan lagu Look What Love Has Done dari film Junior.

Lagu-lagu Ingram yang tercatat di Hot 100 Billboard termasuk "Baby Come to Me," yang dibawakan dengan Patti Austin, di tahun 1983. Selain itu lagu Ingram tahun 1990 "I Don't Have the Heart" juga masuk Hot 100. Lagu Ingram yang lain yang masuk di top 20-charting di Hot 100 adalah "Just Once" (No.17 di tahun 1981), "Yah Mo Be There" (No. 19 di tahun 1984) dan "Somewhere Out There" (No. 2 di tahun 1987).

Lagunya juga tercatat di 19 besar chart airplay Adult Contemporary dan 18 entri pada chart Hot R & B / Hip-Hop Songs.

James Ingram juga dikenal sebagai penulis lagu, dan ikut menulis 10 besar Hot 100 hit Michael Jackson "PYT (Pretty Young Thing)," dari album Thriller, serta lagu-lagu yang direkam oleh Pointer Sisters, George Benson, Ray Charles, Shalamar dan lainnya.



Baca juga artikel terkait MUSISI DUNIA atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight