Jam Sholat Subuh Kota Singkawang

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Informasi mengenai jadwal sholat di Kota Singkawang bisa dicek di aplikasi yang disediakan Tirto.id.
tirto.id - Kewajiban melaksanakan ibadah sholat lima waktu berlaku bagi setiap individu muslim, atau tidak bisa diwakilkan, sehingga hukumnya adalah fardhu ain.

Dengan demikian sholat lima waktu termasuk ibadah wajib bagi setiap muslim dengan syarat telah baligh dan berakal (sadar dan tidak terganggu jiwanya).

Keutamaan dari kewajiban Sholat lima waktu sudah jelas karena ibadah ini merupakan rukun Islam kedua. Artinya kedudukan sholat lima waktu dalam rukun Islam satu tingkat di bawah pengucapan dua kalimat syahadat yang merupakan pernyataan keimanan.

Hal ini sesuai dengan QS. An-Nuur ayat 56:





Sholat lima waktu dijalankan dalam sehari semalam pada jadwal-jadwal tertentu. Salah satunya adalah Sholat Subuh yang dilaksanakan dengan 2 rakaat. Waktu Sholat Subuh dimulai ketika terbit fajar shodiq atau saat terlihat cahaya putih melintang di ufuk timur (fajar). Sementara batas akhir waktu sholat Shubuh ialah saat terbitnya matahari. Penting diingat oleh umat muslim, salah satu dari syarat sahnya sholat fardhu adalah sudah masuk waktu.



Agar dapat mendirikan sholat fardhu tepat waktu, jadwal Sholat Subuh di Kota Singkawang penting diketahui bagi muslim warga setempat atau umat muslim yang kebetulan sedang dalam perjalanan.

Di Kota Singkawang, Sholat Subuh bisa dilakukan secara pribadi maupun berjamaah di masjid-masjid di daerah tersebut. Beberapa masjid di Kota Singkawang antara lain Masjid Agung Nurul Islam, Masjid Istiqomah dan Masjid Nurul Yaqin. Untuk informasi lebih lanjut masing-masing masjid adalah sebagai berikut:

Menurut data Kementerian Agama Masjid Agung Nurul Islam merupakan Masjid Agung. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1986. Perlu diketahui daya tampung masjid ini sebanyak > 200 orang. Alamat Masjid Agung Nurul Islam ini berada di Jl. Alianyang.

Masjid selanjutnya yang cukup terkenal di Kota Singkawang, menurut data Kementerian Agama adalah Masjid Istiqomah. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1991.

Masjid Istiqomah merupakan Masjid Besar. Daya tampung masjid ini sebanyak 50 - 100 orang. Lokasi Masjid Istiqomah ini terletak di Jl. Gunung Merapi, Kel. Pasiran.

Selain masjid tersebut, Kota Singkawang juga terdapat Masjid Nurul Yaqin. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1998. Masjid Nurul Yaqin merupakan Masjid Besar. Untuk jumlah daya tampung, Masjid Nurul Yaqin mampu memuat sebanyak 50 - 100 jamaah. Masjid Nurul Yaqin ini bisa ditemukan di Jl. Ratu Sepudak, Kel. Naram.

Setelah mengetahui lokasi masjid terdekat, berikut jadwal Sholat Subuh di Kota Singkawang, yang dikutip dari Kemenag RI:





Baca juga artikel terkait SALAT atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH