Jalur Ganda KA Bogor - Sukabumi Segera Beroperasi

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 10 Apr 2022 19:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jalur ganda KA Bogor - Sukabumi akan beroperasi dalam waktu dekat. Saat ini sedang dalam masa pengujian.
tirto.id - Kementerian Perhubungan mengungkapkan, pengerjaan jalur ganda kereta api (KA) Bogor Paledang - Cicurug Sukabumi tahap satu sudah rampung, namun pengoperasiannya dilakukan secara bertahap.

"Per hari ini baru akan dioperasikan satu jalur (single track) terlebih dahulu, baru kemudian menyusul akan dioperasikan secara ganda (double track)," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri dalam keterangan resmi, Minggu (10/4/2022).

Ia menjelaskan, pengerjaan jalur ganda Bogor - Sukabumi dilakukan sebagai pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) Double Track Jawa Selatan.

Dalam pengerjaannya, proyek ini dibagi dalam 6 tahap yang dimulai pada 2018 dan direncanakan selesai seluruhnya pada tahun 2023.

Zulfikri menjelaskan, total panjang keseluruhan lintas yang dibangun dalam proyek jalur ganda Bogor - Sukabumi adalah 57.650 m’sp.

“Dalam proyek ini kami membangun 16 jembatan KA, 15 JPO, 8 overpass, 1 underpass, 1 jembatan integrasi, 6 stasiun, 9 perlintasan, 4 fasilitas pendukung dan 11 fasilitas keselamatan,” jelas dia.

Ketika sudah dioperasikan nanti, diproyeksikan jumlah penumpang yang akan terangkut melalui jalur ini akan melonjak dari 3.364 orang per hari menjadi 10.092 orang per hari.

Sementara, angkutan barang yang dapat terangkut melalui jalur ini diproyeksikan akan berlipat ganda menjadi 3.456 ton per hari dari sebelumnya hanya 648 ton per hari.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub, Risal Wasal menyebut, jumlah angka penumpang pada keberangkatan pertama KA Pangrango dari Stasiun Paledang sebanyak 140 orang.

“Oleh sebab itu, kami berharap pembangunan jalur ganda Bogor-Sukabumi diharapkan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat dengan adanya peningkatan kapasitas lintas” ucapnya.

Harapan tersebut sejalan dengan kondisi Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor yang menjadi tujuan pariwisata sekaligus menopang perekonomian melalui industri air mineral dan makanan kemasan. Sehingga, pembangunan ini diharapkan dapat menjadi katalis pertumbuhan perekonomian kedua daerah.

Saat ini, persiapan operasional jalur ganda segmen Bogor Paledang - Cicurug Sukabumi terus dilakukan dan sudah dalam tahap pengujian. Kemenhub ingin rangkaian pengujian dilakukan dengan baik tanpa mengompromikan aspek keselamatan.


Baca juga artikel terkait KERETA API atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight