Libur Lebaran 2022

Jalan Tol MBZ Kembali Dibuka, Tol Jagorawi Berlakukan Buka Tutup

Reporter: Dwi Aditya Putra - 3 Mei 2022 09:59 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ruas Jalan Tol Layang Mohammed Bin (MBZ) mulai dibuka lagi sejak pagi pukul 04.16 WIB, Selasa (3/5/2022).
tirto.id - Jasa Marga kembali membuka ruas Jalan Tol Layang Mohammed Bin (MBZ) sejak pagi pukul 04.16 WIB, Selasa (3/5/2022). Jalan tol layang ini sempat dilakukan penutupan sementara untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik Lebaran.

"Yang sebelumnya dilakukan penutupan sementara, saat ini sudah dibuka kembali pada akses Jatiasih, Kalimalang dan Cawang," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Tody Satria dalam pernyataannya, Selasa (3/5/2022).

Atas diskresi kepolisian Jasa Marga juga berlakukan beberapa rekayasa lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. Di mana saat ini diberlakukan buka tutup atau contraflow kembali dari KM 47 sampai KM 86 pada pukul 07.40 WIB.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," pesan Tedy.

Buka Tutup Jalur di Tol Jagorawi


Bergeser ke Tol Jagorawi arah Ciawi, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Jagorawi memberlakukan buka tutup jalur atau contraflow. Ini sebagai langkah antisipasi kepadatan lalu lintas menuju puncak yang terjadi pada hari ini.

Pemberlakuan contra flow dimulai pukul 06.57 WIB pada Km 44+500 s.d 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi.

General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad, Tri Wahyu Subekti mengatakan, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, JMT telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalulintas di lokasi contraflow.

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan.

Masyarakat juga diimbau melakukan pembaruan informasi lalu lintas di jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga melalui aplikasi Travoy 3.0, Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Sebelumnya PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali mencatat rekor lalu lintas tertinggi pada arus mudik Lebaran 2022 yakni sebanyak 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju tiga arah, yaitu Timur (Trans Jawa dan Bandung), Barat (Merak), dan Selatan (Puncak).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, angka ini naik 9,5 persen jika dibandingkan dengan Lebaran 2019 lalu, sebelum pandemi.


Baca juga artikel terkait LIBUR LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Maya Saputri

DarkLight