Ligue 1 2019/2020

Jalan Terjal Lyon Pertahankan Memphis Depay

Oleh: Wan Faizal - 27 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Lyon tidak ingin kehilangan Memphis Depay kendati harus bekerja keras untuk bisa memperpanjang kontrak winger asal Belanda itu.
tirto.id - Klub Ligue 1 Perancis, Olympique Lyonnais, tidak ingin kehilangan Memphis Depay kendati harus bekerja keras untuk bisa memperpanjang kontrak winger asal Belanda itu. Presiden Klub Lyon, Jean-Michel Aulas, mengakui bahw Depay menolak beberapa tawaran sebelumnya.

Kontrak pemain berusia 26 tahun itu akan selesai pada 30 Juni 2021. Lyon tentu saja ingin mempertahankan mantan pemain Manchester United (MU) itu jika melihat kontribusinya selama ini.

Diboyong dari MU pada medio musim 2016/2017, Memphis Depay langsung menjadi pemain andalan di Les Gones. Hingga Liga Perancis dihentikan sementara akibat pandemi Corona COVID-19 sejak Maret 2020 lalu, statistik sang pemain di Lyon cukup bagus.

Total, Memphis Depay bermain di 134 laga dengan sumbangan 53 gol untuk Lyon. Di Ligue 1 musim ini, ia berlaga dalam 13 pertandingan dan menciptakan 9 gol. Jumlah yang sedikit karena ia sempat mengalami cedera dan memaksanya absen beberapa waktu.

Tekad Menahan Depay

Kilau performa Memphis Depay memiliki korelasi positif dengan prestasi Lyon, baik di kancah domestik maupun di antar klub Eropa. Tak heran jika Aulas ngotot berusaha agar pemain didikan PSV Eindhoven mau bertahan.

Kami terus berkomunikasi. Kami berbicara dengannya, bersama agennya juga, dan kami dengan senang hati jika mendapatkan kesempatan bertemu dengannya," kata Aulas.

"Kami akan melakukan segala cara untuk menambah kontraknya. Semua pihak di Lyon juga sepakat dengan hal tersebut," imbuhnya.

“Terkait perpanjangan kontrak itu kami terus bekerja keras. Saya rutin bertukar pesan dengan Memphis. Demikian juga dengan Rudi (Rudi Garcia, pelatih Lyon) dan Juni (Juninho Pernambucano, Direktur Olahraga Lyon). Tidak setiap hari, tapi cukup reguler,” beber Aulas.


Beberapa Kali Ditolak

Diakui oleh Aulas bahwa pihaknya sebenarnya sudah beberapa kali memberikan proposal perpanjangan kontrak kepada Memphis Depay. Sayangnya, sejauh ini belum ada jawaban positif dari pemain yang namanya mulai bersinar di Piala Dunia 2014 itu.

“Kami telah memberikan beberapa proposal disertai dengan nominal tertentu. Tapi sejauh ini belum ia terima. Sepertinya ia masih menunggu untuk bisa bermain lagi karena ia sempat mengalami cedera,” tutur Aulas.

Memphis Depay tentunya bisa berpikir ulang terkait tawaran Lyon. Performanya memang menanjak sejak bergabung di klub ini. Bisa dikatakan, Lyon menjadi penyelamat karier Memphis Depay usai menjalani periode buruk di Inggris.

Diboyong MU dari PSV pada 2015 dengan dana yang dilaporkan mencapai 25 juta euro, Memphis Depay memang gagal total di Old Trafford.

Hanya 7 gol yang bisa ia kemas dalam 53 laga di semua ajang. Tak heran jika petualangan Memphis Depay di Premier League hanya bertahan 18 bulan saja sebelum pindah ke Lyon.

Baca juga artikel terkait LIGA PERANCIS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight