Jaguar I-PACE Sabet Gelar Mobil Terbaik Eropa 2019

Oleh: Fahlemi Faradela - 11 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penilaian Jaguar I-PACE menempati urutan teratas oleh 60 jurnalis otomotif dari 23 negara Eropa.
tirto.id - Jaguar I-PACE ungguli Ford Focus hingga Mercedes-Benz A-class dalam penilaian oleh awak media Eropa di sela ekshibisi Genewa International Motor Show (GIMS) 2019, Swiss. Atas pencapaian ini, mobil listrik tersebut memenangi gelar "Car of the Year 2019" atau mobil terbaik di Eropa tahun ini.

Selain Ford Focus dan Mercedes-Benz A-class, Jaguar I-PACE memenangi penghargaan tersebut usai mengalahkan empat finalis lainnya, yakni Alpine A110, Kia Ceed, Citroen C5 Aircross, dan Peugeot 508.

Seperti dijelaskan dalam siaran pers GIMS dikutip Senin (11/3/2019), kendati mendapatkan 250 poin, sama dengan Alpine A110, juri akhirnya memilih Jaguar I-PACE lantaran lebih sering ditempatkan di urutan pertama dalam daftar penilaian para juri.

Adapun penobatan mobil terbaik ini melibatkan juri yang terdiri dari 60 jurnalis otomotif dari 23 negara Eropa. Direktur Desain Jaguar Ian Callum menerima langsung penghargaan tersebut.

Jaguar I-PACE dirancang dan dikembangkan di Inggris dan sukses dalam penjualan secara global dengan lebih dari 8.000 unit dikirimkan ke pelanggan hingga Maret ini, yang 75% di antaranya di Eropa.

Dalam pernyataannya, Jaguar mengatakan bahwa I-PACE dirancang untuk mengambil keuntungan penuh dari powertrain listriknya dan arsitektur aluminium yang menawarkan kinerja mobil sport dan kepraktisan SUV.

Pengisian daya baterai Jaguar I-PACE menjadi lebih mudah bagi pelanggan lantaran menggunakan layanan pengisian publik Jaguar, yang dapat diakses melalui aplikasi khusus atau menggunakan kunci RFID. Pengisian ini daya ini memiliki paket yang dapat disesuaikan dan tarifnya dikompilasi ke dalam tagihan bulanan sederhana.

Pengguna Jaguar I-PACE juga dimanja dengan lebih dari 85.000 lokasi pengisian daya listrik yang tersebar di seluruh Eropa.

Adapun GIMS 2019, merupakan pameran otomotif bergensi di dunia yang pada tahun ini digelar di Palexpo, Grand-Saconnex, Swiss, sejak 7 Maret sampai dengan 17 Maret 2019.

Selain inovasi dan keamanan, penghargaan "Car of the Year 2019" juga menilai kriteria lain yang menentukan, yakni desain dan value (nilai) yang membandingkan harga dengan apa yang didapatkan konsumen dari mobil tersebut.


Baca juga artikel terkait GIMS 2019 atau tulisan menarik lainnya Fahlemi Faradela
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: Antara
Penulis: Fahlemi Faradela
Editor: Ibnu Azis