Jaguar E-Type, Mobil Klasik Pangeran Harry-Meghan di Royal Wedding

Oleh: Yantina Debora - 21 Mei 2018
Mobil ikonik yang digunakan Pangeran Harry dan Meghan itu memiliki harga 350.000 pound.
tirto.id - Jaguar E-Type Concept Zero menjadi pilihan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk menuju ke resepsi pernikahannya dari Kastil Windsor ke Frogmore House.

Mobil listrik bergaya klasik yang dipilih Pangeran Harry dan Meghan Markle berkelir biru. Mobil ini merupakan Jaguar E-Type Concept Zero model produksi tahun 1968 namun kini sudah berpenggerak listrik.

Jaguar E-Type pertama kali diluncurkan pada Maret 1961 di pameran Geneva Motor. Di awal kemunculannya, Jaguar model klasik ini menarik perhatian dunia dengan bodywork yang ramping dan memukau serta kinerja ground breaking dan penanganan yang mengesankan.

Menurut AP dan Independent, mobil ikonik yang digunakan Pangeran Harry dan Meghan itu memiliki harga 350.000 pound yang sudah dilengkapi plat nomor pesanan bertuliskan tanggal pernikahan, E 190518.

Jaguar E-Type Concept Zero merupakan mobil ramah lingkungan dengan atap terbuka yang bisa menempuh kecepatan 60mph dalam 5,5 detik dengan sokongan daya mesin sebesar 220kW.

"Konsep Zero menggabungkan pengalaman dinamis E-type yang terkenal dengan peningkatan kinerja melalui elektrifikasi," kata Direktur Jaguar Land Rover Classic Tim Hannig dilansir Independent.

"Kombinasi unik ini menciptakan sensasi berkendara yang menakjubkan," katanya.

Dilansir dari CNN, kendaraan ini produksi ulang di Coventry di West Midlands oleh Jaguar Land Rover Classic, divisi warisan dari produsen mobil Inggris, yang kini dimiliki oleh Tata Motors India.

Konsep Zero adalah gagasan dari Tim Hannig, yang mengatakan kepada majalah Autocar bahwa meskipun bukan model fovorit, dia berharap itu akan menarik pembeli yang menginginkan mobil klasik.

Dalam sejumlah foto dari AFP terlihat Pangeran Harry mengendarai mobil ini dengan setir kiri, kendati di Inggris kendaraan menggunakan setir kanan. Resepsi itu dihadiri hanya 200 orang tamu yang terdiri dari teman-teman dekat dan anggota keluarga.

Baca juga artikel terkait ROYAL WEDDING atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight