Jaga Demo Mahasiswa di Istana, Polisi Siagakan 9000 Personel

Oleh: Riyan Setiawan - 28 Oktober 2019
Polisi juga menutup jalan di sekitar Bunderan Patung Kuda dan Medan Merdeka.
tirto.id - Polda Metro Jaya menyiagakan sembilan ribu personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang digelar mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya di Jakarta hari ini, Senin (28/10/2019).

"Disiapkan 9000 personel gabungan [Untuk mengamankan unjuk rasa]," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan, Senin (28/10/2019).

Namun Argo tak merinci ribuan personel itu akan ditempatkan di titik-titik mana saja.

Sementara itu, Kasubdit Gakum Polda Metro Jaya Kompol Fahri mengatakan akan ada rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi demonstrasi.

Polisi akan menutup jalan dari Bundaran Patung Kuda, Medan Merdeka Barat sampai dengan persimpangan Harmoni. Polisi juga akan menutup jalan dari arah Medan Merdeka Timur ke Medan Merdeka Utara.

"Dari Hayam Wuruk ke Jalan Majapahit di belokan ke kiri ke Juanda dan arus lalin dari Veteran Raya yang akan belok ke jalan Majapahit di belok ke kanan jalan Gajah Mada," kata Fahri lewat keterangan tertulis, Senin (28/10/2019).

Berdasarkan akun instagram @aksi_langsung, demonstrasi bakal digelar hari ini dengan mengusung tema "Indonesia Memanggil, Galang Persatuan Rakyat, Bangun Kekuatan Politik Alternatif".

Aksi digelar mulai pukul 11.00 WIB dengan titik kumpul di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Setelah itu, massa berencana long march ke seberang Istana Merdeka.

"Jakarta Long march dari Bundaran HI menuju Istana Presiden, 11.00 #IndonesiaMemanggil #reformasidikorupsi."


Baca juga artikel terkait DEMO MAHASISWA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight