Jadwal USMB Unsri 2022: Syarat, Biaya Pendaftaran, Informasi UKT

Penulis: Ibnu Azis - 23 Jun 2022 15:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini jadwal, syarat, biaya pendaftaran, dan informasi UKT jalur USMB Unsri 2022.
tirto.id - USMB Unsri 2022 telah membuka pendaftaran sejak 4 Mei lalu, ditutup 30 Juni mendatang. Berikut syarat, biaya pendaftaran, dan informasi UKT jalur USMB Unsri tahun ini.

Apa itu USMB Unsri? USMB Unsri merupakan singkatan dari Ujian Saringan Masuk Bersama Universitas Sriwijaya. USMB Unsri adalah jalur seleksi mandiri Universitas Sriwijaya.

Berikut tahapan pendaftaran USMB Unsri 2022:

1. Pendaftaran daring

Pendaftaran online dapat dilakukan dengan cara klik menu atau tombol PENDAFTARAN, lalu peserta dapat mendaftarkan diri dengan mengikuti cara pendaftaran yang tercantum di buku Panduan USMB 2022.

2. Konfirmasi data peserta

Pastikan semua data peserta yang di isikan pada formulir pendaftaran sudah benar dan sesuai, lalu konfirmasikan formulir pendaftaran peserta.

3. Pembayaran biaya pendaftaran

Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan dengan mencetak slip pembayaran yang didapatkan dari pendaftaran peserta dan lakukan pembayaran di Bank BNI dengan mengikuti cara yang tercantum di juknis.

4. Download kartu peserta

Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran ujian USMB 2022, peserta dapat men-download kartu peserta di laman LOGIN PESERTA sebagai bukti pendaftaran dan digunakan ketika hari ujian.

Syarat USMB Unsri 2022


Berikut syarat untuk melakukan pendaftaran USMB Unsri 2022:

  • Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia keturunan asing yang dikukuhkan dengan surat bukti kewarganegaraan.
  • Warga Negara Asing yang dikirim oleh lembaga tertentu/perorangan di luar negeri untuk mengikuti USMB Unsri.
  • Berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) semua jurusan.
  • Berijazah Diploma III/Sarjana Muda khusus peserta Alih Program.
  • Bagi mahasiswa Diploma III/Sarjana Muda, yang bersangkutan sedang berada di semester akhir dan telah lulus ujian komprehensif / ujian akhir program.

Berikut biaya pendaftaran USMB 2022:

  • Untuk Kelompok S1 SAINTEK, S1 SOSHUM, DIII SAINTEK, DIII SOSHUM, dan S1 ALIH PROGRAM SOSHUM, biaya ujian Rp300.000.
  • Untuk kelompok S1 CAMPURAN dan DIII CAMPURAN, biaya ujian Rp400.000.
  • Ujian Keterampilan melalui portofolio untuk pilihan Penjaskes S1, Olahraga S1 dan Sendratasik S1 Rp 150.000
  • Khusus peserta warga negara asing, biaya ujian Rp1.500.000
  • Peserta ujian yang berminat memilih program studi S1/D4 dan juga berminat memilih program studi Diploma III harus melakukan pembayaran biaya ujian masing-masing

Pelaksanaan USMB Unsri 2022


Saat mengikuti ujian, peserta harus mengecek lokasi ujian dan nomor meja peserta, yang tercantum dalam kartu tanda bukti pendaftaran/tanda peserta ujian. Serta membawa perlengkapan ujian sebagai berikut:

  • Kartu tanda bukti pendaftaran sebagai tanda peserta.
  • Ijazah ASLI atau Fotocopy Ijazah yang dilegalisir ASLI (cap basah) bagi lulusan sebelum tahun 2021.
  • SKL (Surat Keterangan Lulus) ASLI yang memuat identitas siswa berupa Nama, NISN, Jurusan saat di SLTA dan Foto Siswa yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau yang mewakili dan dicap basah khusus lulusan tahun 2022 yang belum memiliki/menerima ijazah.
  • Surat keterangan kelas XII ASLI yang memuat identitas siswa berupa Nama, NISN, Jurusan saat di SLTA dan Foto Siswa yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau yang mewakili dan dicap basah khusus lulusan tahun 2022 yang belum memiliki/menerima SKL.
  • Surat pernyataan kesanggupan membayar UKT, khusus peserta yang memilih program studi di Universitas Sriwijaya.

Adapun pengumuman USMB Unsri 2022 akan disampaikan pada tanggal 14 Juli 2022. Hasil seleksi bakal diinformasikan melalui website resmi Universitas Sriwijaya dan situs web USMB 2022.

Sementara untuk informasi Uang Kuliah Tunggal atau UKT jalur USMB Unsri 2022 per semester bervariasi tergantung dari program studi dan jenjang pendidikannya. Kunjungi tautan ini untuk melihatnya secara lengkap.


Baca juga artikel terkait USMB UNSRI 2022 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight