Timnas Indonesia U-23

Jadwal Uji Coba Timnas U23 Terbaru 5-7 Maret 2021: Lawan Siapa?

Oleh: Iswara N Raditya - 4 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal laga uji coba Timnas Indonesia U23 terbaru akan dihelat tanggal 5 dan 7 Maret 2021.
tirto.id - Timnas Indonesia U-23 dipastikan batal menghadapi PS TIRA Persikabo pada Rabu (3/3/2021) kemarin, begitu pula dengan rencana melawan Bali United dua hari berselang. Namun, jadwal uji coba Timnas U23 terbaru ternyata akan dihelat tanggal 5 dan 7 Maret 2021. Lawannya siapa?

Laga uji coba Timnas U23 vs PS TIRA Persikabo pada Rabu (3/3/2021) malam di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, urung terlaksana. Pertandingan tersebut belum mendapatkan izin keramaian dari kepolisian lantaran pihak panitia pelaksana terlalu mepet mengajukan izin.

Akibat masalah ini, Bali United yang seharusnya menghadapi Timnas U23 pada Jumat (5/3/2021) sempat memutuskan untuk tidak jadi terbang ke Jakarta, seperti yang disampaikan oleh sang manajer, Michael Gerald, melalui laman resmi klub.

Namun, kabar terbaru menyebutkan, laga uji coba Timnas Indonesia U23 masih akan tetap dihelat, yakni tanggal 5 dan 7 Maret 2021. Lawan yang akan dijajal skuad asuhan Shin Tae-yong ternyata masih sama, yakni PS TIRA Persikabo dan Bali United.


Pihak kepolisian menyatakan, pertandingan uji coba tim Garuda Muda yang lalu bukan dibatalkan, melainkan ditunda. Polri membutuhkan waktu untuk memproses surat izin keramaian agar laga bisa digelar.

"Kami sampaikan pertandingan bukan dibatalkan tapi ditunda," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, dalam jumpa pers di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/3/2021), dikutip dari Antara.

"Surat yang masuk perlu proses, Polri punya mekanisme dalam mengeluarkan izin, melakukan kajian yang lebih dalam dari sisi keamanan dan lain-lain," lanjutnya.


Ahmad Ramadhan memastikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk dua laga uji coba Timnas Indonesia U23 ini.

"Kami sampaikan bukan batal, tapi tunda," tegas Ahmad Ramadhan.

Dengan demikian, Evan Dimas dan kawan-kawan akan menghadapi PS TIRA Persikabo di Stadion Madya, Senayan, pada Jumat (5/3/2021).

Kemudian hari Minggu (7/3/2021) giliran Bali United yang akan menjadi lawan Timnas U23 di tempat yang sama. Dua laga ini dihelat mulai pukul 19.00 WIB.

Dua laga uji coba melawan dua klub peserta Liga 1 ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan Timnas Indonesia U23 untuk menuju SEA Games 2021 di Vietnam yang rencananya akan dilangsungkan pada November hingga Desember 2021 mendatang.


Daftar Pemain Timnas Indonesia U23

Pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 36 pemain Timnas Indonesia U23 untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta sekaligus menjalani dua laga uji coba melawan TIRA Persikabo dan Bali United nanti.

Para pemain yang dipanggil merupakan gabungan dari anggota Timnas Indonesia U23 dan U19. Ada beberapa nama beken yang sudah beredar di kompetisi Liga 1 seperti Nadeo Argawinata, Andi Setyo, Rachmat Irianto, Hanif Sjahbandi, Osvaldo Haay, Adam Alis, hingga Evan Dimas Darmono.


Sejumlah pemain yang mencuat bersama Timnas Indonesia U19 ikut serta, di antaranya adalah Pratama Arhan, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Braif Fatari, Saddam Emirudin Gaffar, sampai Irfan Jauhari.

Berikut ini daftar pemain Timnas Indonesia U22 selengkapnya:

Kiper
Nadeo Argawinata (Bali United), Erlangga Setyo (Persib Bandung), Muhamad Riyandi (Barito Putera), Muchamad Aqil Savik (Persib Bandung)

Belakang
Andy Setyo (TIRA Persikabo), Bagas Adi (Arema FC), Arif Satria (Persebaya Surabaya), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Nurhidayat H. Haris (Bhayangkara FC), Dodi Alexvan Djin (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Firza Andika (PSM Makassar), Andik Rendika (Madura United), Pratama Arhan (PSIS Semarang), Rifad Marasabessy (TIRA Persikabo), Bagas Kaffa (Barito Putera), Koko Ari Araya (Persebaya)

Tengah
Tegar Infantrie (PSIS Semarang), Kadek Agung (Bali United), Evan Dimas (Persija Jakarta), Hanif Sjahbandi (Arema FC), Genta Alparedo (Semen Padang), Natanael Siringoringo (Sulut United), Feby Eka Putra (Arema FC), Adam Alis (Bhayangkara FC), Sidik Saimima (Bali United), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Miftahul Hamdi (Persiraja Banda Aceh), Muhammad Rafli (Arema FC)

Depan
Kushedya H. Yudo (Arema FC), Irfan Jauhari (Bali United), Osvaldo Haay (Persija Jakarta), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Septian Satria Bagaskara (Persik Kediri), Braif Fatari (Persija Jakarta), Saddam Emiruddin Gaffar (PSS Sleman)


Jadwal Laga Uji Coba Timnas U23 Terbaru

Jumat (5/3/2021) Pukul 19.00 WIB
Timnas Indonesia U23 vs PS TIRA Persikabo

Minggu (7/3/2021) Pukul 19.00 WIB
Timnas Indonesia U23 vs Bali United

Baca juga artikel terkait TIMNAS U23 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight