Jadwal Timnas U19 vs Gimnastic Tarragona: Disiarkan Live di Mana?

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 3 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Laga Timnas U19 Indonesia melawan Gimnastic Tarragona disiarkan pada 3 Januari 2021 pukul 22.00 WIB di Stadion Tarragona.
tirto.id - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba sejumlah klub di Spanyol mulai awal tahun 2021. Pertandingan pertama yang akan dijalani oleh David Maulana dan kolega adalah melawan Gimnastic Tarragona pada hari ini, Minggu (03/01/2021) mulai pukul 22.00 WIB di Stadion Tarragona.

Laga uji coba tersebut merupakan rangkaian persiapan sebelum melakoni Piala AFC U-19 Maret mendatang di Uzbekistan. Selain melawan Gimanstic Tarragona, skuad Garuda Muda akan melakoni empat laga uji coba lain, di antaranya melawan Lleida Esportiu U-19, Sabadell U-19, Ceuta U-19, serta Timnas Arab Saudi U-19.

Mengenai laga tersebut, PSSI belum memastikan hingga saat ini apakah pertandingan tim asuhan Shin Tae-yong ini bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia atau tidak. Namun, jika Berkaca pada TC Timnas Indonesia U-19 sebelumnya di Kroasia, yang mana seluruh pertandingan yang dijalani disiarkan langsung oleh Mola TV dan Net TV.

Meski begitu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan sudah mengetahui bahwa Timnas U-19 akan melakoni beberapa laga uji coba di Spanyol. Dikatakan bahwa kesemuanya merupakan tim yang bagus dan bisa menjadi pengalaman bagi skuad muda Timnas sebelum melakoni kompetisi AFC U-19 Maret mendatang.

"Kami sudah mendapatkan info bahwa timnas U-19 akan melawan sejumlah klub di Spanyol dan tim Arab Saudi. Tentu ini lawan-lawan yang bagus dan kuat bagi timnas U-19," ungkapnya melalui laman resmi PSSI.

Mulai Rabu (30/12/2020) Timnas Garuda Muda memang sedang menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Spanyol. Latihan tersebut digelar di Stadion Campo Futbol Roda de Bara, Tarragona. Seluruh pemain tampak terus bersemangat mengikuti pemusatan latihan di Spanyol ini. Latihan untuk sementara dipimpin oleh Asisten Pelatih, Nova Arianto. Hal ini karena pelatih Shin Tae-yong masih memimpin timnas Indonesia persiapan SEA Games di Jakarta.

"Perkembangan pemain semakin baik, pemain sudah bisa beradaptasi dengan cuaca disini. Kami juga persiapan menghadapi sejumlah uji coba disini," kata Nova Arianto melalui laman resmi PSSI.

Mengenai adaptasi cuaca, Bagus Kaffa mengatakan bahwa para pemain memang harus beradaptasi dengan cepat. Namun, hal itu tidak terlalu menjadi masalah bagi dirinya dan pemain lain mengingat beberapa pemain pernah punya pengalaman berlatih di cuaca dingin Eropa.

"Kami dalam kondisi baik semua disini dan terus bersemangat. Seluruh materi latihan dari pelatih kami nikmati dan jalani dengan maksimal," kata Bagas Kaffa.

Sebelumnya, Iriawan mengungkapkan harapannya agar Timnas Garuda Muda dapat bersemangat menjalani TC demi menjadi juara di kompetisi AFC beberapa bulan mendatang. Pada ajang tersebut Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

“TC di Spanyol, kami harap dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19. PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain ini adalah cikal bakal timnas U-23 maupun timnas senior nantinya," kata Iriawan.

Informasi Terbaru:

Dari laman PSSI diperoleh informasi terbaru bahwa laga uji coba antara Timnas Indonesia U19 vs Gimnastic Tarragona mengalami perubahan dan batal digelar Minggu (3/1/2021).

"Ya kami tidak jadi menjalani uji coba pada hari Minggu (3/1/2021). Dengan ini kami kembali menambah porsi latihan untuk persiapan uji coba hari Kamis (7/1/2021) mendatang," kata Nova Arianto, Asisten Pelatih Timnas U19, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Jadwal Uji Coba Timnas U19 di Spanyol

*5 Januari 2021:
Indonesia U-19 vs Lleida Esportiu U19
Venue: Stadium of CE Futbol Salou

*7 Januari 2021:
Indonesia U-19 vs Gimnàstic Tarragona
Venue: Gimnàstic Tarragona Stadium

*11 Januari 2021
Indonesia U-19 vs Sabadell U-19
Venue : Stadium of CE Futbol Salou

*20 Januari 2021
Indonesia U-19 vs Ceuta U-19
Venue : Field CE Futbol Salou

*27 Januari 2021
Indonesia U-19 vs Arab Saudi U-19
Venue: Stadium of CE Futbol Salou




Baca juga artikel terkait TIMNAS U19 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Yantina Debora
DarkLight