Timnas Indonesia U19

Jadwal Timnas U-19 Indonesia vs Bulgaria, Kroasia, & Saudi Live NET

Oleh: Iswara N Raditya - 3 September 2020
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal Timnas U-19 Indonesia dalam turnamen persahabatan internasional akan melawan Bulgaria, Kroasia, dan Arab Saudi.
tirto.id - Jadwal Timnas U-19 Indonesia dalam turnamen persahabatan di Kroasia akan segera tersaji di awal September 2020. Pertandingan Timnas U19 yang bisa disaksikan via live streaming Mola TV maupun siaran langsung NET adalah Indonesia vs Bulgaria, selain laga kontra Kroasia dan Arab Saudi.

Sebelum berangkat dari Jakarta pada Sabtu (29/8/2020) lalu, PSSI dan pelatih Shin Tae-yong sebenarnya telah menetapkan 30 nama pemain yang bakal dilibatkan dalam pemusatan latihan sekaligus menjalani rangkaian laga ujicoba di Kroasia.

Akan tetapi, yang kemudian resmi diterbangkan adalah 27 pemain. Ada 2 nama yang terpaksa dicoret karena dianggap melakukan tindakan indispliner, yaitu Serdy Ephy Fano Boky dari Bhayangkara FC dan Ahmad Afhridzal dari Vamos Indonesia. Keduanya batal berangkat lantaran datang terlambat di sesi latihan terakhir.

Satu nama lagi yang tidak tergabung di pasukan Timnas Indonesia U19 ke Kroasia adalah Elkan Baggot. Bek muda berdarah Indonesia-Inggris ini sebenarnya skuad pilihan Shin Tae-yong.

Namun, Elkan Baggot harus kembali ke klubnya, Ipswich Town, untuk persiapan pramusim League One atau kompetisi Divisi 1 Liga Inggris 2020/2021. PSSI dan Shin Tae-yong diketahui sedang mengupayakan pemain ini bisa bergabung di Kroasia.

Jadwal Live Timnas U19 Indonesia vs Bulgaria

Tim Garuda Muda akan mengawali kiprahnya dalam turnamen persahabatan internasional di Kroasia dengan menantang Timnas Bulgaria U19. Pertandingan pembuka ini bakal dihelat pada Sabtu tanggal 5 September 2020.

Bulgaria U19 punya sejarah yang cukup bisa dibanggakan oleh pendukungnya. Mereka pernah tiga kali merengkuh juara Piala Eropa U19, dua kali runner-up, serta tiga kali menembus babak semifinal. Selain itu, tim ini juga sempat mencapai perempat final Piala Dunia U19 yakni pada edisi 1985 dan 1987.

Melawan Bulgaria U19 bakal menjadi ujian pertama bagi skuad Garuda Muda. Jika mampu meraih kemenangan, kepercayaan diri Witan Sulaeman dan kawan-kawan tentunya bakal meningkat untuk meladeni tuan rumah Kroasia di laga berikutnya serta Arab Saudi di pertandingan pemungkas.

Witan Sulaeman menegaskan kesiapan Timnas Indonesia U19 melakoni turnamen di Kroasia, termasuk menghadapi Bulgaria di pertandingan pertama. Menurut pemain klub Serbia, FK Radnik Surdulica, ini, para pemain telah beradaptasi dengan cukup baik.

“Tim pelatih sudah memberikan materi untuk penyesuaian waktu bagi para pemain. Jadi kita adaptasinya sekarang sudah mulai membaik, dan sekarang sudah kembali seperti biasa lagi," papar Witan Sulaeman, dikutip dari laman PSSI.


Jadwal Live Timnas U19 Indonesia vs Kroasia

Di pertandingan kedua yang akan dihelat pada Selasa (8/9/2020), Timnas Indonesia U19 sudah ditunggu oleh Kroasia. Duel melawan tuan rumah ini tentu saja bakal menjadi tantangan yang cukup berat bagi skuad besutan Shin Tae-yong.

Kroasia U19 punya sosok Karlo Ziger, penjaga gawang berbakat yang kini bernaung bersama klub mapan Liga Inggris, Chelsea. Dikutip dari situs resmi Chelsea, Ziger direkrut akademi sepak bola The Blues pada Juli 2018 dan meneken kontrak hingga pertengahan 2021 mendatang.

Pertama kali bergabung, Ziger memperkuat Chelsea U18 dan menjalani musim 2018/2019. Pada pertengahan musim, kiper kelahiran Zagreb ini dipinjamkan ke Sutton United, klub Inggris yang berkiprah di kompetisi level National League.

Prestasi terbaik sepanjang riwayat Timnas Kroasia U19 yang mulai terbentuk pada 1993 adalah meraih juara tiga dalam ajang FIFA World Youth Championship 1998. Kala itu, skuad remaja Kroasia menang menang adu penalti melawan Portugal.

Jadwal Live Timnas U19 Indonesia vs Saudi

Rival terakhir Timnas Indonesia U19 dalam turnamen persahabatan internasional di Kroasia adalah pasukan muda Arab Saudi. Duel penutup antara sesama tim asal Asia ini akan digelar pada Jumat (11/9/2020).

Timnas U19 Arab Saudi punya prestasi mentereng di kancah sepak bola Asia usia muda. Mereka merupakan jawara tiga kali Piala Asia U19 atau AFC U-19 Championship, masing-masing pada edisi 1986, 1992, dan 2018 atau dua tahun lalu. Tahun 1985 dan 2016, tim ini mencapai final namun gagal membawa pulang trofi juara.

Para pemain tim nasional U19 Saudi sempat ambil bagian di ajang Arab Cup U-20 2020 pada Februari lalu. Sayangnya, langkah mereka terhenti di babak penyisihan grup lantaran kalah bersaing dengan Mesir dan Aljazair.

Timnas Indonesia U19 pernah berhadapan dengan Arab Saudi dalam laga ujicoba yang digelar pada 10 Oktober 2018 silam di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi. Hasilnya, skuad Garuda Muda kalah tipis dengan skor 1-2.

Turnamen persahabatan sekaligus pemusatan latihan Timnas Indonesia U19 di Kroasia dilakukan sebagai persiapan sebelum tampil di Piala AFC U19 2020 pada 14-31 Oktober di Uzbekistan, serta Piala Dunia U20 2021 yang dihelat di Indonesia.

Infografik Timnas U19
Infografik Timnas U19. tirto.id/Fuadi


Daftar Pemain Timnas U19 di Kroasia

Adi Satryo - PSMS Medan
Erlangga Setyo - Persib Bandung
Yofandani Damai - PSIS SEmarang
Pratama Arhan - PSIS Semarang
Yudha Febrian - Barito Putera
Komang Tri - Bali United
Ahmad Rusadi
Muhammad Fadhil - Semen Padang FC
Bayu M. Fiqri - PON Jatim
Rizky Ridho - Persebaya
Bagas Kaffa - Barito Putera
Komang Teguh - Diklat Ragunan
Andre Oktaviansyah
David Maulana - Barito Putera
Brylian Aldama
Beckham Putra - Persib Bandung
Mohammad Kanu - Babel United FC
Braif Fatari - Persija Jakarta
Andi Irfan - AS Abadi Tiga Naga
Sandi Arta - Persija Jakarta
Witan Sulaeman - FK Radnik Surdulica
Jack Brown - Lincoln City
Mochammad Supriadi - Persebaya
Irfan Jauhari - Bali United
Khairul Zakiri - Gymnastica Cueta
Saddam Gaffar - PSS Sleman
Moh. Bahril - PSIS Semarang

Jadwal Timnas U19 di Turnamen Kroasia

5 September 2020
Timnas U19 Indonesia vs Bulgaria

8 September 2020
Timnas U19 Indonesia vs Kroasia

11 September 2020
Timnas U19 Indonesia vs Arab Saudi

Siaran Langsung NET & Live Streaming Mola TV

Mola TV dan NET telah merilis pemberitahuan terkait live streaming atau siaran langsung pertandingan Timnas U19 Indonesia di turnamen persahabatan internasional yang bakal digelar di Kroasia mulai akhir pekan nanti.

Pertandingan pertama Timnas U19 Indonesia yakni melawan Bulgaria U19 dapat disaksikan lewat siaran langsung NET atau live streaming Mola TV pada Sabtu (5/9/2020) mulai pukul 21.30 WIB. Berikut ini tautannya:

LINK LIVE INDONESIA VS BULGARIA MOLA TV

LINK LIVE INDONESIA VS BULGARIA NET TV

Baca juga artikel terkait JADWAL TIMNAS U-19 INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Addi M Idhom
DarkLight