Jadwal Tiga Laga Timnas Indonesia Ditunda Karena Wabah Virus Corona

Oleh: Addi M Idhom - 4 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal tiga pertandingan Timnas Indonesia ditunda. Tiga pertandingan yang ditunda itu merupakan laga Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia.
tirto.id - Wabah virus corona (Covid-19) menyebabkan jadwal tiga pertandingan Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia harus ditunda. Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri menyatakan penundaan ini untuk mengantisipasi penularan virus corona jenis baru tersebut.

"Ada perubahan jadwal. Ini FIFA Match Day di kita ada pengunduran, tadinya antara Maret dan Juni diundur menjadi Oktober," kata Somantri di Jakarta, Rabu (4/3/2020), seperti dilansir Antara.

Berdasarkan kalender resmi FIFA, Timnas Indonesia sebelumnya dijadwalkan melakoni laga tandang di Thailand pada tanggal 26 Maret 2020. Lima hari kemudian, Timnas Indonesia akan menjamu Uni Emirat Arab di Jakarta.

Sementara untuk laga ketiga, Timnas Indonesia semula dijadwalkan kembali melakoni laga tandang di Vietnam pada 4 Juni 2020. Namun, Somantri menyatakan FIFA memutuskan untuk mengundur jadwal tiga pertandingan tersebut.

"Iya betul ditunda dari FIFA, Oktober pelaksanaannya," ujar dia.

Dengan penundaan tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia tersebut, agenda pemusatan latihan timnas Indonesia pada 16 Maret 2020 juga turut batal.

Somantri menambahkan, perubahan tersebut akan dimanfaatkan PT LIB untuk mengatur ulang jadwal pertandingan Liga 1 Indonesia yang mempertemukan Persija Jakarta dengan Persebaya Surabaya.

Sebelumnya, PT LIB menunda laga Persija vs Persebaya yang seharusnya berlangsung pada Sabtu, 7 Maret 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

"Nah nantikan ada waktu kosong, waktu kosong itu akan kami tarik. Sehingga saat Oktober [2020], kami punya waktu luang untuk memanggil [pemain] timnas sehingga tidak mengganggu jadwal liga," ujar Somantri.

Wabah virus corona yang merebak di banyak wilayah secara global, termasuk pula Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara, mengganggu agenda sepakbola, baik level timnas maupun liga.

Salah satu dampak fatal untuk konteks Asia Tenggara, terjadi di Thailand yang telah memiliki 43 kasus Covid-19. Jadwal Liga Thailand (Thai League) resmi ditunda hingga April 2020. Penundaan itu diputuskan setelah klub-klub Thai League mendesak otoritas sepak bola setempat tidak hanya sekadar menerapkan laga tanpa penonton.

Penundaan jadwal kompetisi tersebut tidak hanya berlaku terhadap level kompetisi teratas. Selain Thai League 1, jadwal Thai League 2 (T2), Thai League 3 (T3) dan Thai League 4 (T4) juga harus ditunda.

"BREAKING! Thai League 1-4 akan ditunda mulai 3 Maret 2020 hingga 17 April 2020 sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19," demikian tulis akun twitter resmi Thai League pada Selasa (3/3/2020).

Liga Vietnam (V.League 1) 2020 yang rencananya dimulai pada Jumat (6/3/2020) mendatang juga akan berlangsung tanpa penonton karena penyebab serupa.

"Keputusan untuk tidak mengizinkan penonton pada laga kick-off telah dibuat demi memastikan keamanan di tengah wabah virus corona yang terjadi di dunia," kata Tran Anh Tu, chairman VPF (Vietnam Professional Football), dilansir VnExpress pada Minggu (1/3/2020).


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight