Timnas Indonesia U-19

Jadwal Terbaru Timnas U19: Masih di Kroasia Awal Oktober 2020

Oleh: Iswara N Raditya - 1 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal terbaru Timnas U19 dalam program pemusatan latihan tampaknya masih akan bertahan di Kroasia.
tirto.id - Jadwal terbaru Timnas U19 dalam program pemusatan latihan tampaknya masih akan bertahan di Kroasia. Setidaknya untuk awal Oktober 2020 ini, Timnas Indonesia U9 tetap menjalani latihan di Kroasia meskipun sebelumnya sempat dikabarkan bakal beralih ke Turki.

"Pekan ini kami fokus pemain untuk latihan beban. Pemain harus semakin kuat otot dan power mereka. Selain itu, fisik dan stamina juga harus selalu dijaga konsistensinya," ungkap pelatih Timnas Indonesia U19, Shin Tae-yong, di Kroasia seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Kamis (1/10/2020).

Pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini tidak memungkiri bahwa ada kemungkinan skuad asuhannya bakal melanjutkan training centre (TC) ke Turki kendati Timnas U-19 Indonesia masih berada di Kroasia dalam beberapa hari ke depan.

"Sebelum kami ke Turki, sisa hari di sini (Kroasia) kita akan fouskan untuk latihan beban. Jujur, otot pemain saat ini masih sangat kurang dan kelihatan mudah letih. Untuk itu kami harus latihan penguatan sebelum kami bertolak ke Turki," ujar Shin Tae-yong di channel YouTube resmi PSSI.

PSSI Carikan Lawan Uji coba Terbaik

Melanjutkan pemusatan latihan di Kroasia memang menjadi salah satu opsi bagi skuad Garuda Muda. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan bahwa Timnas Indonesia U19 belum akan kembali ke tanah air sesuai saran dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

PSSI sebenarnya telah merencanakan lanjutan TC Timnas Indonesia U19 ke negara Eropa lainnya, yakni Turki. PSSI masih terus berkomunikasi dengan otoritas Turki agar diizinkan mengirimkan Witan Sulaeman dan kawan-kawan ke sana.

"Sesuai arahan Pak Menpora [Zainudin Amali], Timnas U19 akan tetap berada di luar negeri setelah TC di Kroasia berakhir pada bulan September 2020. Kami bisa bergeser ke Turki atau masih di Kroasia," ungkap Mochamad Iriawan dalam konferensi pers daring, Selasa (29/9/2020) lalu.


Andai saja batal ke Turki, maka skuad Garuda Muda dipastikan tetap bertahan di Kroasia untuk melanjutkan pemusatan latihan dan menjalani laga-laga uji coba.

Mochamad Iriawan akan mengusahakan lawan tanding yang berkualitas untuk skuad asuhan Shin Tae-yong.

"Nantinya di Kroasia kami bisa mendapatkan lawan-lawan uji coba yang bagus," tandas mantan Kapolda Metro Jaya. NTB, dan Jawa Barat ini.

"Kami selalu memantau perkembangan Timnas U19 setiap harinya. Saya senang pemain terus meningkat kemampuannya dan berproses dengan baik. PSSI akan terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi torehan hasil yang maksimal," imbuh Mochamad Iriawan.

Timnas Indonesia U19 sudah sebulan berada di Kroasia dan melakoni 7 kali laga uji coba dengan hasil 2 kali menang (melawan Dinamo Zagreb dan Qatar), 2 kali imbang (kontra Qatar di pertemuan kedua dan Arab Saudi), serta 3 kali kalah (saat menghadapi Bulgaria, Kroasia, serta Bosnia-Herzegovina).

Skuad Garuda Muda dipersiapkan untuk bertanding di putaran final Piala Asia U19 yang akan digelar di Uzbekistan awal tahun depan, kemudian tampil di Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 yang dijadwalkan dihelat pada pertengahan tahun 2021 mendatang.

Hasil Timnas Indonesia U19 di Kroasia

Indonesia vs Bulgaria (0-3) | Kalah
Kroasia vs Indonesia (7-1) | Kalah
Arab Saudi vs Indonesia (3-3) | Imbang
Indonesia vs Qatar (2-1) | Menang
Qatar vs Indonesia (1-1) | Imbang
Indonesia vs Bosnia-Herzegovina (0-1) | Kalah
Indonesia vs Dinamo Zagreb (1-0) | Menang

Skuad Timnas Indonesia U19 di Kroasia

Adi Satryo, Erlangga Setyo, Yofandani Damai, Pratama Arhan, Yudha Febrian, Komang Tri, Ahmad Rusadi, M. Fadhil, Bayu M. Fiqri, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh, Andre Oktaviansyah.

David Maulana, Brylian Aldama, Beckham Putra, M. Kanu, Braif Fatari, Andi Irfan, Sandi Arta, Witan Sulaeman, Jack Brown, M. Supriadi, Irfan Jauhari, Khairul Zakiri, Saddam Gaffar, Moh. Bahril | Pelatih: Shin Tae-yong

Baca juga artikel terkait JADWAL TIMNAS U-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight