AFC Cup 2021

Jadwal Terbaru Persipura di Piala AFC 2021: Langsung ke Fase Grup

Oleh: Iswara N Raditya - 30 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Persipura di Piala AFC 2021 berubah. Persipura langsung tampil di fase grup AFC Cup 2021.
tirto.id - Jadwal terbaru Persipura Jayapura di Piala AFC 2021 telah dirilis. Klub asal Papua yang mewakili Indonesia di kancah sepak bola antar-klub Asia bersama Bali United ini tidak perlu menjalani laga play-off alias langsung tampil di fase grup AFC Cup 2021. Persipura tergabung di Grup H.

AFC selaku konfederasi sepak bola Asia memutuskan, Persipura otomatis menjalani fase grup di Piala AFC 2021. Sebelumnya, tim Mutiara Hitam semestinya melakoni babak play-off pada 19 Mei 2021 untuk menghadapi pemenang antara Visakha (Kamboja) vs Lalenok United (Timor Leste).

Namun, mundurnya dua klub Myanmar, yaitu Shan United dan Hanthawaddy United, terkait situasi darurat politik yang masih menerpa negara mereka, membuat pemetaan jadwal Piala AFC 2021 mengalami perubahan dan berdampak terhadap beberapa klub, termasuk Persipura.

“AFC telah menerima konfirmasi dari Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) tentang penarikan Hantharwady United FC dan Shan United FC dari Piala AFC 2021 dan Liga Champions Asia,” tulis AFC melalui laman resminya, Jumat (30/4/2021).

“Komite Kompetisi AFC mencatat dan mengakui tantangan serta kompleksitas saat ini yang disebabkan oleh keadaan darurat di Myanmar dan memutuskan bahwa situasi tersebut merupakan peristiwa force majeure,” tambahnya.


Persipura Tergabung di Grup H Piala AFC 2021

Mundurnya dua klub Myanmar tak pelak memunculkan dampak terhadap klub-klub peserta lainnya dan jadwal penyelenggaraan lanjutan Piala AFC 2021, termasuk Persipura yang tidak jadi berjuang dari fase play-off.

“Penyelenggara sepakat untuk membatalkan pertandingan babak play-off Piala AFC antara Persipura Jayapura dari Indonesia dan pemenang pertandingan antara Visakha FC dari Kamboja dan Lalenok United FC dari Timor Leste,” sebut AFC.

“Persipura Jayapura otomatis masuk ke Grup H di posisi H4, bersama Kedah Darul Aman dari Malaysia, Lion City Sailors FC dari Singapura, dan Saigon FC dari Vietnam. Sementara Visakha FC dan Lalenok United FC akan bersaing memperebutkan tempat di Grup I,” imbuh AFC.

Persipura bakal tergabung di Grup H bersama Kedah Darul Aman (Malaysia) pada 29 Juni 2021, Lion City Sailors FC dari Singapura pada 2 Juli 2021, dan Saigon FC dari Vietnam pada 5 Juli 2021. Seluruh laga Grup H ini akan dihelat terpusat di Singapura.


Selain Persipura, Indonesia juga mengirimkan Bali United ke Piala AFC 2021. Namun, Laskar Tridatu yang berstatus sebagai juara Liga 1 2019 sudah sejak awal langsung lolos ke babak penyisihan grup.

AFC memutuskan bahwa Bali United berada di Grup G bersama Hanoi FC dari Vietnam dan Boeung Ket dari Kamboja. Adapun satu slot tersisa bakal diperebutkan oleh FC Chanthabouly (Laos) dan Kasuka FC (Brunei Darussalam).

Persipura sendiri sempat membubarkan tim karena kehilangan sponsor utama. Klub kebanggaan warga Papua ini juga memutuskan tidak turut berpartisipasi di turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Menpora 2021 yang baru saja usai digelar.

Namun, kini Persipura siap merumput. Skuad asuhan Jacksen F. Tiago bahkan mulai mempersiapkan diri untuk tampil di Piala AFC 2021.

“Persipura sudah siap tampil di ajang Piala AFC,” tegas Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, kepada Antara, Selasa (16/3/2021) lalu.


Jadwal Persipura di Piala AFC 2021 Grup H

29 Juni 2021
Kedah Darul Aman vs Persipura Jayapura

2 Juli 2021
Persipura Jayapura vs Lion City Sailors

5 Juli 2021
Saigon FC vs Persipura Jayapura

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight