Jadwal Siaran Langsung RCTI: Timnas U23 vs Thailand SEA Games 2019

Oleh: Wan Faizal - 24 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Timnas U23 vs Thailand di SEA Games Manila digelar pada Selasa, 26 November 2019. Timnas U23 berniat meraih emas di SEA Games 2019 dan mengulang sejarah 1991.
tirto.id - Timnas Indonesia U23 akan memulai kiprahnya di SEA Games 2019 dengan meladeni Timnas Thailand pada Selasa (26/11/2019). Laga Timnas U23 vs Thailand ini berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina.

Timnas U23 Indonesia membawa misi besar dalam kejuaraan kali ini yakni membawa pulang medali emas alias menjadi juara SEA Games 2019. Indra meyakini anak asuhnya punya kemampuan untuk memenuhi target berat itu.

Dalam sejarah SEA Games, Indonesia tercatat baru 2 kali meraih medali emas cabang sepakbola. Pertama, pada 1987 saat Indonesia menjadi tuan rumah dan mengalahkan Malaysia di final. Lalu, pada 1991, saat Filipina jadi tuan rumah sebagaimana tahun ini.

Emas terakhir itu diperoleh dengan membungkam Thailand lewat adu penalti. Setelah bermain imbang tanpa gol sepanjang laga, Indonesia akhirnya bisa menang 4-3 di babak yang menentukan itu.

Timnas Indonesia peraih medali emas SEA Games kala itu diperkuat oleh sejumlah legenda sepakbola tanah air. Di antara mereka ada Widodo Cahyono Putro, Robby Darwis, Yusuf Ekodono, Aji Santoso, Peri Sandria, Rochy Putiray, Bambang Nurdiansyah dan lainnya.

Setelah 1991, Indonesia paling bagus hanya menjadi runner-up SEA Games, yakni sebanyak tiga kali pada 1997 (kalah dari Thailand di final), 2011 (dikalahkan Malaysia di final) dan dua tahun kemudian, saat ditumbangkan tim gajah putih di partai penentuan.

Meskipun demikian, Indra meyakini sejarah itu bisa terulang dan skuat asuhannya bisa mengakhiri paceklik gelar juara Timnas Indonesia di ajang olahraga level ASEAN ini.

“Pastinya kami akan berjuang karena kami datang ke sini untuk bisa mengulang sejarah menjadi juara. Terakhir kali Indonesia menjadi juara adalah pada tahun 1991 dan itu terjadi di Manila. Oleh karenanya kami sangat ingin mengulang sejarah tersebut di sini,” kata Indra, seperti dilansir akun instagram PSSI.

Untuk bisa mendukung targetnya, Indra telah memilih 20 pemain terbaik di negeri ini. Di dalamnya terdapat nama-nama yang sudah malang-melintang di Liga 1 musim ini. Ada pula dua orang yang bermain di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani.

Dalam proses seleksi, sang pelatih mencoret delapan nama yang terbagi dalam dua tahap. Hanif Sjahbandi, Beto Goncalves, Hambali Tolib, dan Rifad Marasabessy tersingkir pada kloter pertama.

Lalu, menyusul Lutfi Kamal, Gian Zola, Kadek Agung, dan Awan Setho. Jatah pemain senior pun dimanfaatkan Indra dengan memanggil dua pemain andalannya yakni Evan Dimas dan Zulfiandi.

“Mereka yang tetap berada dalam skuat adalah yang terbaik. Serta merupakan pemain yang saya rasa bisa melengkapi puzzle sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim ini. Sekarang skuat saya sudah lengkap dan saya harap mereka bisa memberikan yang terbaik,” kata Indra, sebagaimana dikutip dari laman PSSI.

Adapun jadwal pertandingan Timnas U23 di SEA Games 2019 adalah sebagai berikut:

-Selasa, 26 November 2019: Thailand vs Indonesia
-Kamis, 28 November 2019" Indonesia vs Singapura
-Minggu, 1 Desember 2019: Vietnam vs Indonesia
-Selasa, 3 Desember 2019: Indonesia vs Brunei Darussalam
-Rabu, 5 Desember 2019: Indonesia vs Laos

Sebagai informasi, seluruh pertandingan anak asuh Indra Sjafri di Filipina akan disiarkan langsung oleh RCTI.

Adapun pertandingan Timnas U-23 vs Thailand dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 26 November 2019, pukul 15.00 WIB.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight