Jadwal Siaran Langsung Final Piala Asia Jepang vs Qatar Malam Ini

Oleh: Fitra Firdaus - 1 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sesuai jadwal, siaran langsung final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar pada Jumat (1/2/2019) pukul 21.00 WIB dapat dipantau melalui FOX Sport.
tirto.id - Final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar akan digelar pada Jumat (1/2/2019) malam ini pukul 21.00 WIB. Laga penentuan di Sheikh Zayed Sport City, Abu Dhabi ini dapat dipantau melalui siaran langsung FOX Sport.

Jepang untuk kelima kalinya berhasil menembus final Piala Asia. Samurai Biru memiliki catatan impresif. Pasalnya, dalam empat final terdahulu, mereka selalu berhasil mengakhirinya sebagai juara, pada 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Sementara itu, Qatar selama ini belum pernah menembus final. Bahkan, empat tahun lalu di Piala Asia 2015, Al-Annabi selalu kalah dalam tiga pertandingan di penyisihan grup.

Namun, tahun ini, pasukan Félix Sánchez tampil luar biasa. Mereka mencatatkan enam kemenangan beruntun sejak penyisihan grup, dan sama sekali tidak pernah kebobolan.

Catatan Al-Annabi di depan gawang lawan bisa menjadi ancaman serius untuk Jepang. Total sudah 16 gol yang dikemas Qatar. Setengah di antaranya, 8 gol, dicetak oleh penyerang mereka, Almoez Ali yang hampir pasti menjadi top skor turnamen.

Felix Sanchez sendiri dikutip situs resmi AFC pada Kamis (31/1) menuturkan, "Ini adalah laga paling penting dalam sejarah sepak bola Qatar. Kami kini ada di tahap turnamen ketika tim percaya diri dan tak sabar memulai laga. Jika kami menang, ini adalah pencapaian terbaik Qatar di sepak bola."



Optimisme sang pelatih asal Spanyol bakal diuji oleh Jepang yang dalam Piala Asia edisi ini tidak hanya tajam dalam menyerang, tetapi kokoh dalam bertahan. Mereka bisa beradaptasi dengan lawan yang dijumpai.

Saat menyingkirkan Arab Saudi di 16 besar, Samurai Biru hanya menguasai 27 persen bola. Namun, ketika menaklukkan Iran 3-0, Samurai Biru unggul tipis 51 persen berbanding 49 persen.

"Kami tahu Qatar tim yang sangat tangguh, mereka sudah mencetak 16 gol dan menjaga clean sheet. Tapi, entah bagaimanapun cara mereka bermain, kami akan tetap sama. Kami akan menampilan yang terbaik di lapangan," kata pelatih Jepang, Hajime Moriyasu.

Lantas, siapa yang bakal memenangi pertarungan di final kali ini? Apakah Jepang akan merasakan gelar juara yang kelima? Atau, Qatar, sang tuan rumah Piala Dunia 2022, bakal melanjutkan kejutan dan menjadi juara untuk pertama kalinya?

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight