Jadwal Sholat November 2018 di Kab. Madiun

Oleh: Agung DH - 11 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Tirto.id menyediakan aplikasi mengenai informasi jadwal sholat di Kab. Madiun.
tirto.id - Salah satu ibadah sehari-hari yang utama bagi umat Islam adalah sholat lima waktu. Ibadah ini adalah rukun Islam kedua.

Seperti diketahui, rukun Islam ada lima yakni: mengucapkan 2 kalimat syahadat; mendirikan sholat lima waktu; membayar zakat; berpuasa saat bulan Ramadan dan melaksanakan ibadah haji. Hal ini menunjukkan keutamaan dari kewajiban mendirikan sholat lima waktu bagi umat muslim.

Perintah shalat lima waktu diberikan oleh Allah SWT langsung kepada Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra dan Mi’raj. Kejadian itu, berdasar sejumlah riwayat, terjadi sekitar 18 bulan sebelum peristiwa hijrah.

Perintah mendirikan Sholat juga disebutkan di Al-Quran, salah satunya di surat Al-Baqarah ayat 43:





Untuk diketahui, salah satu dari syarat sahnya sholat fardhu ialah sudah masuk waktu. Sementara sholat fardhu sebanyak lima kali dijalankan sehari semalam dalam jadwal-jadwal tertentu. Salah satunya ialah Sholat Dzuhur yang dijalankan dengan 4 rakaat.

Agar dapat menjalankan sholat fardhu dengan tepat waktu, jadwal Sholat Dzuhur di Kab. Madiun penting diketahui bagi warga setempat maupun umat muslim yang kebetulan sedang dalam perjalanan.



Di Kab. Madiun sholat fardhu bisa dilakukan secara pribadi maupun secara berjamaah di masjid-masjid di daerah tersebut. Beberapa masjid di Kab. Madiun antara lain Masjid AGUNG QUBA', Masjid Al-huda dan Masjid Al-burhan.

Informasi mengenai masjid-masjid tersebut adalah sebagai berikut:

Masjid AGUNG QUBA' adalah satu di antara sekian banyak masjid terkenal di Kab. Madiun.

Masjid AGUNG QUBA' terdaftar dalam data masjid Kementerian Agama RI. Masjid tersebut dibuat pada tahun 2015. Masjid AGUNG QUBA' termasuk dalam tipe Masjid Agung. Masjid ini mampu menampung sebanyak 150 - 200 orang. Alamat Masjid AGUNG QUBA' ini berada di Jln. Alun alun Barat Mejayan Caruban Madiun.

Selanjutnya masjid terkenal di Kab. Madiun adalah Masjid Al-huda. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1950.

Masjid Al-huda merupakan Masjid Besar. Daya tampung masjid ini sebanyak 50 - 100 orang. Lokasi Masjid Al-huda ini berada di RT. 014 RW. JL. RAYA SOLO JIWAN.

Selain kedua masjid tersebut, Kab. Madiun juga terdapat Masjid Al-burhan. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1942. Masjid Al-burhan termasuk dalam jenis Masjid Besar. Untuk jumlah daya tampung, Masjid Al-burhan mampu memuat sebanyak 50 - 100 jamaah. Masjid Al-burhan ini bisa ditemukan di RT. 010 RW. 002 DS. KENONGOREJO.

Inilah jadwal Sholat Dzuhur di Kab. Madiun, seperti dikutip dari Kemenag RI:





Baca juga artikel terkait SALAT atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH