Jadwal Sholat Jumat Hari Ini di Medan & Kawasan Sumut, 26 Nov 2021

Oleh: Abdul Hadi - 25 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal salat Jumat di Sumatera Utara, Medan dan sekitarnya pada 26 November 2021 jatuh pada 12.16 WIB.
tirto.id - Jadwal salat Jumat untuk wilayah Medan dan kawasan Sumatera Utara (Sumut) sekitarnya ikut dalam golongan Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Salat Jumat di kawasan tersebut dijadwalkan pada pukul 12.16 WIB, Jumat, 26 November 2021.

Seiring menurunnya penyebaran Covid-19 di Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) melonggarkan aturan salat berjemaah di masjid. Saat ini, penduduk muslim Indonesia dapat kembali mendirikan salat Jumat berjemaah, namun tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Aturan pelaksanaan salat Jumat di masa pandemi terbaru diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 21 Tahun 2021 tentang pelaksanaan ibadah keagamaan. Aturan tersebut turut menegaskan perlindungan kesehatan bagi jemaah salat Jumat.

Petugas masjid atau panitia ibadah bertanggung jawab untuk melakukan desinfeksi ruangan, membatasi waktu pelaksanaan maksimal satu jam, dan mengatur jarak antar jemaah.

Selain itu, jemaah salat Jumat juga mesti menjaga jarak minimal satu meter, mengenakan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan selama pelaksanaan salat Jumat.

Jadwal Sholat Jumat, 26 November 2021


Berikut ini waktu pelaksanaan salat Jumat untuk wilayah Sumatera Utara, termasuk Medan dan sekitarnya. Jadwal berikut ini juga mencakup ibadah salat lima waktu lainnya, imsak, hingga terbit matahari untuk salat duha.

  • Imsak 04:45 WIB
  • Subuh 04:55 WIB
  • Terbit (Duha) 06:11 WIB
  • Zuhur (Jumat) 12:16 WIB
  • Ashar 15:38 WIB
  • Maghrib 18:14 WIB
  • Isya 19:27 WIB

Bacaan Doa Jumat Pagi dan Keutamaannya



Jumat merupakan hari istimewa dalam Islam. Di masa silam, kejadian-kejadian bersejarah berlangsung pada Jumat, sebagaimana tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW:

“Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada Jumat,” (H.R. Muslim).

Dilansir dari NU Online, memasuki pagi pada hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Bacaan latinnya: "Astagfirullahalladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi"

Artinya: "Aku memohon kepada dzat yang tiada tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, Maha Kekal dan aku bertaubat kepada-Nya"

Doa di atas dianjurkan untuk dibaca tiga kali setiap Jumat pagi. Anjuran ini tercantum dalam kitab Al-Adzkar An-Nawawiyah yang dirujuk dari hadis Anas bin Malik RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca 'Astagfirullahalladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi' sebanyak tiga kali pada Jumat pagi sebelum shalat Ghadat (Subuh), maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan," (H.R. Ibnu Sinni).


Baca juga artikel terkait JADWAL SHOLAT atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Abdul Hadi
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight