Jadwal Sholat Dzuhur Kab. Sumba Barat Daya November 2018 Hari Ini

Oleh: Ibnu Azis - 11 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal sholat lima waktu hari ini di Kab. Sumba Barat Daya bisa dicek di tirto.id.
tirto.id - Setiap muslim, baik perempuan maupun laki-laki, yang baligh dan berakal (sadar dan tidak mengalami gangguan jiwa) diwajibkan mendirikan sholat lima waktu. Dengan demikian, hukum sholat lima waktu adalah fardhu ain (sangat diwajibkan).

Sholat fardhu sebanyak lima kali dalam sehari semalam juga merupakan rukun Islam ke-dua. Artinya, setelah mengucapkan dua kalimat syahadat atau menyatakan keimanan, salah satu kewajiban utama bagi setiap muslim ialah mendirikan sholat lima waktu.

Sebagaimana diketahui, sholat lima waktu dalam sehari semalam memiliki jadwal tertentu dalam setiap pelaksanaannya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat An-Nisa' (4) - Ayat 103:





Salah satu dari lima kali sholat fardhu dalam sehari semalam, ialah Sholat Dzuhur dengan 4 rakaat.

Jadwal Sholat Zuhur dimulai ketika matahari tergelincir sedikit ke arah barat dari posisi titik pusat di angkasa (zawal).



Perlu diingat pula, salah satu dari syarat sahnya sholat fardhu ialah telah masuk waktu. Oleh karena itu, mengetahui secara tepat jadwal Sholat Dzuhur di Kab. Sumba Barat Daya sangat penting bagi umat muslim yang merupakan warga setempat maupun mereka yang kebetulan sedang melakukan perjalanan.

Di Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Sholat Dzuhur bisa dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid terdekat. Contoh Masjid yang ada di daerah ini adalah Masjid ALFALAH WAITABULA, Masjid Attaqwa, dan Masjid Babussalam Pero.

Berikut ini, informasi lebih lanjut mengenai masjid-masjid yang ada di Kab. Sumba Barat Daya:

Masjid ALFALAH WAITABULA merupakan Masjid Agung. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1980. Daya tampung masjid ini sebanyak > 200 orang. Lokasi Masjid ALFALAH WAITABULA ini terletak di Jl. Pasar Inpres lama, Kel. Langgalero, Kec. Kota Tambolaka, Kab. SBD.

Masjid selanjutnya yang cukup terkenal adalah Masjid Attaqwa. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1982.

Masjid Attaqwa merupakan Masjid Besar. Daya tampung masjid ini sebanyak > 200 orang. Lokasi Masjid Attaqwa ini terletak di Kori, Desa Kori, Kecamatan Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya.

Selanjutnya, ada juga Masjid Babussalam Pero. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1957. Masjid Babussalam Pero merupakan Masjid Besar. Jumlah daya tampung sebanyak > 200 orang. Lokasi Masjid Babussalam Pero ini terletak di jl. Pantai Pero, Desa Pero Konda, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Sebagai panduan, berikut jadwal Sholat Dzuhur di Kab. Sumba Barat Daya, seperti dikutip dari Kemenag RI:





Baca juga artikel terkait SALAT atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH