Jadwal Sholat 2018: Kab. Minahasa Tenggara dan Sekitarnya

Oleh: Yulaika Ramadhani - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal sholat di Kab. Minahasa Tenggara bisa dilihat di aplikasi yang disediakan Tirto.id.
tirto.id - Sholat adalah ibadah yang terdiri dari perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan tertentu sesuai syarat dan rukun yang dimulai dengan Takbiratul Ihram dan disudahi dengan Salam. Tata cara sholat sesuai penuturan para Sahabat yang melihat Rasulullah SAW sewaktu sedang menjalankan ibadah ini.

Sholat sebagai salah satu ibadah wajib bagi setiap muslim yang baligh dan berakal ialah sholat fardhu lima kali dalam sehari semalam. Ibadah ini merupakan rukun Islam kedua dan hukum menunaikannya fardhu ain.

Keutamaan sholat lima waktu juga terlihat dari turunnya perintah untuk melaksanakannya. Perintah menjalankan sholat lima waktu diterima oleh Rasulullah Muhammad SAW saat peristiwa Isra’ Mi’raj atau ketika nabi naik menuju Sidratul Muntaha dan bertemu dengan Allah SWT.

Perintah mendirikan Sholat juga disebutkan di Al-Quran, salah satunya di QS. Al-Ankabut ayat 45:





Sholat lima waktu dalam sehari semalam harus dijalankan pada waktu-waktu tertentu yang ditetapkan syariat. Perlu diingat pula, salah satu syarat sahnya sholat fardhu adalah sudah masuk waktu.

Salah satu Sholat fardhu adalah Sholat Subuh yang ditunaikan dengan 2 rakaat.

Supaya bisa menjalankan sholat fardhu tepat waktu, jadwal Sholat Subuh di Kab. Minahasa Tenggara tentu penting diketahui oleh warga setempat atau umat muslim yang kebetulan sedang dalam perjalanan.



Di Kab. Minahasa Tenggara, Sholat Subuh dapat dilakukan secara pribadi atau berjamaah di masjid-masjid di daerah ini. Masjid-masjid terbesar dan ternama di Kab. Minahasa Tenggara antara lain Masjid AL-MUTTAQIN, Masjid Al-munawwar dan Masjid Ar-rahman.

Penjelasan rinci mengenai masjid-masjid ternama di Kab. Minahasa Tenggara adalah sebagai berikut:

Masjid AL-MUTTAQIN adalah salah satu masjid terkenal di Kab. Minahasa Tenggara. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1994. Dalam data Kementrian Agama disebutkan, masjid termasuk dalam tipe Masjid Jami. Daya tampung jamaah masjid ini kurang lebih > 200 orang. Masjid AL-MUTTAQIN ini terletak di Desa Minanga Dua.

Masjid terkenal lainnya di Kab. Minahasa Tenggara adalah Masjid Al-munawwar. Masjid tersebut dibuat pada tahun 2004.

Masjid Al-munawwar merupakan Masjid Jami. Daya tampung masjid ini sebanyak > 200 orang. Lokasi Masjid Al-munawwar ini berada di Desa Tababo Selatan.

Selain itu, di Kab. Minahasa Tenggara juga terdapat masjid ternama yakni Masjid Ar-rahman. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1957. Masjid Ar-rahman termasuk dalam jenis Masjid Jami. Jumlah daya tampung, Masjid Ar-rahman mampu memuat sebanyak > 200 jamaah. Masjid Ar-rahman ini bisa ditemukan di Desa Molompar.

Untuk lebih jelasnya, berikut jadwal Sholat Subuh di Kab. Minahasa Tenggara, seperti dikutip dari Kemenag RI:





Baca juga artikel terkait SALAT atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH