Jadwal Semifinal UCL 2021: PSG vs Man City, Chelsea vs Real Madrid

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Liga Champions 2021 babak semifinal leg 1 pada 28-29 April tersaji pertandingan Chelsea vs Real Madrid dan PSG vs Manchester City.
tirto.id - Jadwal semifinal Liga Champions (UCL) 2020/2021 leg 1 diagendakan dihelat pada 28-29 April 2021. Empat tim telah dipastikan lolos ke babak 4 besar, yaitu Paris Saint-Germain (PSG), Manchester City, Chelsea, dan Real Madrid.

Pada laga teranyar yang digelar Kamis (15/4/2021) dini hari, Real Madrid bermain imbang 0-0 melawan Liverpool. Secara keseluruhan, Los Blancos unggul agregat 1-3 atas The Reds.

Sementara pada pertandingan lain, Man City sukses merengkuh kemenangan di Signal Iduna Park kala bersua tuan rumah Borussia Dortmund 1-2. Skuad arahan Pep Guardiola unggul agregat 2-4 dan berhak melaju ke semifinal, sekaligus memperbaiki catatan musim lalu yang terhenti di babak 8 besar.


Jadwal PSG vs Man City

Duel PSG vs Manchester City di babak semifinal UCL musim ini diperkirakan berlangsung sengit. Selain mewahnya materi pemain kedua tim, pertarungan taktik antara Mauricio Pochettino vs Pep Guardiola juga layak dinantikan.

Menurut catatan Transfermarkt, kedua pelatih telah bertemu sebanyak 18 kali. Dari head to head tersebut, Pochettino hanya meraih 3 kali menang, yakni ketika membesut Espanyol (1 kali) dan Tottenham Hotspur (2 kali).

Di sisi lain, Pep Guardiola mendominasi dengan mendulang 10 kemenangan. Adapun 5 laga lainnya berakhir dengan skor imbang. Namun, situasi diprediksi bakal sedikit berbeda. Pasalnya, Pochettino kini memiliki nama-nama gemerlap yang mengisi skuad besutannya, macam Neymar, Di Maria, hingga Kylian Mbappe.

Harapan Pochettino untuk kembali membawa tim yang diasuhnya melaju ke final seperti yang dilakukannya ketika melatih Tottenham musim 2019 cukup terbuka. Peluang tersebut kian menguat lantaran PSG sukses mengalahkan Bayern Munchen di babak 8 besar.

Sebagai catatan, dari 3 musim terakhir saja, misalnya, tim yang mampu mengalahkan Bayern Munchen selalu menjadi juara.

Jadwal Chelsea vs Real Madrid

Pertandingan semifinal lainnya antara Chelsea vs Real Madrid diperkirakan tak kalah seru. Kehadiran Thomas Tuchel memberikan warna berbeda pada permainan The Blues. Sejak menangani tim asal London pada 26 Januari 2021, performa Kai Havertz dan kawan-kawan mengalami peningkatan.

Dari 18 laga yang telah dijalani di bawah arahan Tuchel di lintas kompetisi, Chelsea merengkuh 12 kemenangan, 4 kali imbang, dan hanya 2 kali kalah. Tak hanya itu, lini pertahanan menjadi salah satu kunci karena selama periode tersebut Edouard Mendy dan kolega hanya kebobolan 9 gol saja.

Dalam laga pemungkas melawan Porto, misalnya, Tuchel pun memuji barisan lini belakangnya yang dianggap tampil apik. Dia berkata, “kami bertahan dengan sangat baik, kami clean sheet, kami memiliki peluang yang lebih baik, tetapi kami tidak mendapatkan gol.”

Sementara itu, Real Madrid—lawan Chelsea—merupakan tim yang berpengalaman di kompetisi Eropa. Wakil asal Spanyol itu menjadi klub dengan torehan gelar UCL terbanyak, yakni 13 kali. Terakhir kali Los Blancos meraih juara UCL terjadi pada 2017/2018.


Hasil Perempat final UCL Leg 2, Kamis (15/4)

Liverpool vs Real Madrid, skor 0-0
*Real Madrid lolos ke semifinal dengan agregat 1-3

Borussia Dortmund vs Man City 1-2
*City lolos ke semifinal dengan agregat 2-4

Daftar Tim Lolos Semifinal Liga Champions 2021

Chelsea (Inggris)
PSG (Perancis)
Real Madrid (Spanyol)
Manchester City (Inggris)

Bagan Semifinal Liga Champion 2021

Chelsea vs Real Madrid
PSG vs Manchester City


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2021 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight