Sepak Bola SEA Games 2022

Jadwal Semifinal SEA Games 19 Mei: Timnas U23 Indonesia vs Siapa?

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 16 Mei 2022 19:22 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal semifinal sepak bola putra SEA Games 2022 pada 19 Mei. Indonesia sebagai runner-up grup A akan berjumpa juara Grup B, antara Thailand atau Malaysia.
tirto.id - Jadwal semifinal SEA Games 2022 cabor sepak bola akan dihelat mulai 19 Mei mendatang. Timnas U23 Indonesia yang sudah lebih dulu memastikan tiket semifinal, akan menghadapi juara Grup B, antara Malaysia atau Thailand.

Tim nasional Indonesia U23 sudah dipastikan lolos ke semifinal setelah berhasil finis di peringkat 2 klasemen Grup A. Garuda Muda mengantongi 9 poin dari 4 pertandingan yang dilakoni.

Di partai pemungkas fase Grup A, Indonesia berhasil melibas perlawanan Myanmar dengan skor telak 3-1. Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan, masing-masing mengemas 1 gol dalam laga tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong mengapresiasi performa apik pasukannya dalam laga tersebut. Ia juga mengatakan bahwa kemenangan tersebut adalah buah keberhasilan dari taktik khusus yang diterapkannya.

"Myanmar memang oke dalam organisasi permainan, tetapi saya menerapkan taktik pressing yang baik. Taktik itu berjalan dengan baik, sehingga kami mendapatkan kemenangan. Strategi yang saya terapkan itu tergantung lawan yang dihadapi," kata Shin Tae-yong mengomentari performa timnya saat menghadapi Myanmar.

Di pertandingan lainnya, Vietnam sukses mengalahkan Timor Leste dengan skor 2-0. Hasil itu sekaligus membuat Vietnam menorehkan rekor tak terkalahkan sepanjang penyisihan grup (3 menang, 1 imbang).


Siapa Lawan Indonesia di Semifinal?

Sesuai ketentuan kompetisi, tim penghuni posisi 2 dari Grup A akan menghadapi juara Grup B. Indonesia yang menempati peringkat 2 tinggal menunggu hasil final dari Grup B. Sementara ini, Malaysia menghuni peringkat teratas klasemen dengan 8 poin.

Senin (16/5) sore tadi, Malaysia gagal memetik poin penuh saat berjumpa Kamboja. Dalam laga tersebut, Harimau Malaya hanya mampu bermain imbang dengan skor 2-2. Muhammad Hadi Fayyadh berhasil menjadi pahlawan Harimau Malaya melalui 2 gol penyeimbangnya (menit 51 dan 62).

Hasil itu membuat posisi Malaysia di puncak klasemen Grup B semakin riskan. Saat ini mereka hanya terpaut 2 angka dari Thailand yang berada di bawahnya. Thailand sendiri masih akan melakoni laga pemungkas menghadapi Laos pada malam nanti, mulai pukul 19.00 WIB.

Jika berhasil mencuri kemenangan di laga nanti, posisi puncak tabel secara otomatis bakal menjadi milik Thailand. Secara kualitas, Thailand punya peluang besar untuk memenangkan laga tersebut.

Skuad arahan Alexandre Polking tersebut punya bekal mentereng sebelum menantang Laos. Dalam 2 laga sebelumnya, mereka berhasil mengantongi kemenangan telak 5-0 melawan Singapura dan Kamboja.

Kini, nasib Thailand berada di tangan mereka sendiri. Skuad Gajah Perang bakal naik ke puncak tabel jika memenangkan duel kontra Laos. Jika hal ini terjadi, mereka akan berjumpa Indonesia di partai semifinal yang akan berlangsung 19 Mei mendatang.

Sebaliknya, apabila Laos tampil impresif dan membuat Thailand bertekuk lutut, posisi puncak tabel akan tetap jadi milik Malaysia dan secara otomatis akan berhadapan dengan skuad Garuda di babak 4 besar.

Ketua PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan keyakinannya bahwa pasukan Garuda Muda akan lolos ke final. "Siapapun lawannya di semifinal harus dikalahkan. Kalau melihat grafik penampilan tim yang terus meningkat, saya yakin Indonesia bisa melaju ke final," ujar Iriawan.


Jadwal Semifinal SEA Games 2022

Berikut rincian jadwal semifinal SEA Games 2022 cabor sepak bola yang akan berlangsung mulai 19 Mei mendatang. Tayangan laga dapat disaksikan melalui siaran langsung kanal televisi iNews, RCTI, maupun via live streaming RCTI+.

Kamis, 19 Mei 2022

Pukul 16:00 WIB, Runner-up Grup B (Malaysia/Thailand) vs Indonesia
Pukul 19:00 WIB, Vietnam vs Juara Grup B (Malaysia/Thailand)

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2022 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Oryza Aditama

DarkLight