Jadwal Semifinal Piala AFF U-18 2019: Indonesia vs Malaysia

Oleh: Wan Faizal - 15 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal semifinal Piala AFF U-18 2019 mempertemukan Indonesia vs Malaysia dan Australia vs Myanmar.
tirto.id - Laga Derby Melayu antara Timnas Indonesia U-18 vs Malaysia akan tersaji di babak semifinal Piala AFF U-18 2019. Pertandingan ini rencananya akan digelar Go Dau Stadium, Vietnam, pada Sabtu (17/8/2019) pukul 15.30 WIB.

Timnas U-18 asuhan Fakhri Husaini berhasil menjadi juara Grup A setelah memenangi persaingan dengan Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei. Dari lima pertandingan, 13 poin didapat berkat 4 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Jalan Indonesia lolos ke semifinal tak menemui hambatan berarti. Filipina, Timor Leste, dan Brunei secara beruntun bisa dibantai, sebelum hanya meraih kemenangan tipis atas Laos. Hasil imbang 1-1 di laga terakhir kontra Myanmar memastikan Indonesia sebagai juara grup.

Malaysia sebagai runner-up Grup B akan menjadi lawan Indonesia. Anak-anak Harimau Malaya meraih 9 poin dari 3 kemenangan dan 2 kali kalah. Ketiga kemenangan ini diraih atas Australia, Kamboja, dan Singapura. Sedangkan dua kekalahan Malaysia terjadi saat melawan Vietnam dan Thailand.

Bermain di hari peringatan Kemerdekaan RI seharusnya bisa menjadi tambahan semangat bagi Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan. Laga ini juga menjadi peluang bagus bagi skuad Garuda Nusantara untuk membalas kekalahan dari Malaysia tahun lalu.

Saat itu, Indonesia dan Malaysia juga bertemu di semifinal. Egy Maulana Vikri membawa Indonesia unggul di menit pertama namun dibalas Syaiful Alias di menit 15.

Laga pun harus diselesaikan dengan adu penalti dan Malaysia menjadi pemenangnya dengan skor 3-2. Luthfi Kamal dan Todd Rivaldo Ferre sukses mengeksekusi penalti namun tidak dengan Witan Sulaeman, Firza Andika, dan Hanis Saghara.

Jelang pertemuan ini tentunya masih ada evaluasi yang diberikan oleh Fakhri Husaini selaku pelatih, terutama soal kemampuan menjaga fokus di lapangan ketika menjalani jadwal yang padat. Apalagi kondisi salah satu winger andalan, Mohammad Supriadi, masih menjadi tanda tanya jelang laga nanti.



“Faktor fisik menjadi catatan utama ketika melakoni jadwal yang padat seperti ini. Saya pastikan bahwa saya tidak hanya mengandalkan satu pemain saja. Supriadi memang cedera namun pemain lain harusnya bisa menggantikannya dengan baik. Kekompakan menjadi salah satu keunggulan di tim ini,” kata Fakhri.

Sementara itu laga semifinal lain akan mempertemukan Australia vs Myanmar. Laga tersebut juga akan digelar di Go Dau Stadium, Sabtu (17/8/2019) pukul 18.30 WIB atau tepat setelah duel Indonesia vs Malaysia selesai.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight