Timnas Indonesia

Jadwal Pra Piala Asia 2023 Indonesia vs Taiwan: Daftar Skuad Timnas

Oleh: Rofi Ali Majid - 4 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Indonesia vs Taiwan, play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021) dan Senin (11/10/2021), skuad Timnas Indonesia.
tirto.id - Jadwal pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan dalam play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dihelat dalam 2 leg pada Kamis (7/10/2021) dan Senin (11/10/2021) di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand. Pelatih Shin Tae-yong sudah menentukan daftar pemain yang mengisi skuad Timnas Indonesia untuk 2 laga tersebut.

Menurut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, ada 30 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk berlatih di Jakarta terlebih dulu. Pada 3 Oktober 2021 kemarin, rombongan Timnas Indonesia sudah berangkat ke Thailand.

Namun, pada perkembangannya, ada sedikit perubahan mengenai komposisi pemain yang dibawa ke Thailand. Pemain Borneo FC, Rifad Marasabesy, dicoret lantaran terlambat datang. Sadil Ramdani yang kini berkiprah di Malaysia bersama Sabah FC juga batal bergabung karena cedera

Info terbaru, Johan Farizi dari Arema FC ternyata sakit menjelang berangkat ke Thailand sehingga tidak jadi dibawa ke Thailand. Sejauh ini, Shin Tae-yong sudah menunjuk Rizky Ridho dari Persebaya Surabaya untuk masuk ke skuad Timnas Indonesia.

"Selama hampir dua bulan liga bergulir, memang ada kondisi pemain yang baik dan kurang. Jadi selama liga berlangsung saya sering datang ke stadion dan langsung pilih pemain-pemain tersebut. Saya percaya dengan pemain yang saya pilih,’’ tandas pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini dikutip dari laman resmi PSSI.

Prediksi Timnas Indonesia vs Taiwan

Berdasarkan ranking FIFA terbaru, Taiwan unggul dari segi peringkat dari Indonesia. Taiwan menempati posisi 151, sementara Indonesia berada di urutan 175 dunia.

Meskipun demikian, bukan berarti skuad Garuda tidak punya kans untuk memenangkan pertandingan kontra Taiwan nanti. Shin Tae-yong bakal memadukan pemain muda dan senior untuk meraih kesempatan lolos ke kualifikasi ronde ketiga Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong menyertakan para pemain muda Indonesia yang saat ini berkiprah di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam (Ansan Grenners/Korea Selatan), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim/Malaysia), hingga Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia).

Di lini belakang Timnas Indonesia, masih ada para bek berpengalaman seperti pemain naturalisasi Victor Igbonefo (Persib Bandung) dan Fachruddin Aryanto (Madura United).

Untuk sektor tengah Garuda, ada barisan gelandang yang cukup familiar termasuk Evan Dimas (Bhayangkara FC) atau Adam Alis (Bhayangkara FC) yang akan berdampingan dengan para pemain yang lebih muda.

Di sektor penyerangan, Shin Tae-yong tidak memanggil striker Bali United yang sedang bertaji di Liga 1 2021, Ilija Spasojevic. Namun demikian, masih ada Ricky Kambuaya yang menunjukkan performa impresif di Liga1 musim ini bersama Persebaya dengan menyumbang 3 gol dalam 6 laga terakhir.


Skuad Timnas Indonesia vs Taiwan di Play-off Pra Piala Asia 2023

Berikut ini daftar pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi Taiwan:

1. Asnawi Mangkualam (Ansan Grenners)
2. Dedik Setiawan (Arema FC)
3. Rizky Ridho (Persebaya)
4. Kushedya Yudo (Arema FC)
5. Kadek Agun (Bali United)
6. Nadeo Argawinata (Bali United)
7. Miftah Anwar (Barito Putera)
8. Muhammad Firly (Barito Putera)
9. Muhammad Riyandi (Barito Putera)
10. Adam Alis (Bhayangkara FC)
11. Evan Dimas (Bhayangkara FC)
12. Yabes Roni (Bali United)
13. Witan Sulaeman (Lechia Gdansk)
14. Egy Maulana (FK Senica)
15. Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim)
16. Fachruddin Aryanto (Madura United)
17. Ryuji Utomo (Penang FC)
18. Ernando Ari (Persebaya)
19. Rachmat Irianto (Persebaya)
20. Ricky Kambuaya (Persebaya)
21. Victor Igbonefo (Persib)
22. Taufik Hidayat (Persija)
23. Ahmad Agung (Persik)
24. Vava Mario (Persik)
25. Gunansar Mandowen (Persipura)
26. Ramai Rumakiek (Persipura)
27. Hanis Saghara (Tira Persikabo)
28. Pratama Arhan (PSIS)
29. Irfan Samaling (PSS Sleman)

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight