PON Papua 2021

Jadwal PON 2021: Hasil Drawing Sepak Bola Putra & Daftar Peserta

Oleh: Oryza Aditama - 8 September 2021
Dibaca Normal 3 menit
Cabang olahraga (cabor) sepak bola PON Papua 2021: hasil drawing atau undian penyisihan grup, jadwal lengkap, daftar tim peserta, serta regulasi pemain.
tirto.id - Hasil drawing dan jadwal sepak bola PON Papua 2021 telah dirilis. Meski jadwal resmi PON XX (ke-20) Papua baru dimulai 2-15 Oktober 2021, namun khusus untuk kategori sepak bola putra akan berlangsung 27 September sampai 14 Oktober mendatang.

Hasil undian babak penyisihan menempatkan tuan rumah Papua di Grup A, bersama dengan sang juara bertahan alias peraih medali emas edisi 2016 lalu, Tim Jawa Barat.

“Ini de pu hasil pengundian peserta cabang olahraga sepak bola putra dan putri yang nanti ditandingkan pada PON XX Papua 2021. Hasil pengundian akan diterapkan pada skema Grup dan jadwal yang su ditetapkan pada Technical Handbook cabang olahraga sepak bola PON Papua,” tulis akun instagram resmi PON Papua, @ponxx2020papua.

Sementara itu pihak PSSI selaku badan tertinggi sepak bola nasional menghendaki semua pihak menerima hasil undian dengan lapang, serta berharap semua tim dapat menyajikan permainan menghibur di atas lapangan.

“Alhamdulilah proses pengundian berjalan dengan lancar. Apapun hasilnya kawan-kawan Asprov dan tim yang bertanding dapat menerima dengan senang hati. Semoga kehadiran pertandingan sepak bola dapat menyajikan suguhan menarik bagi warga Papua dan semua masyarakat Indonesia,” ucap Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari Antara.

Babak penyisihan grup fase pertama terbagi dalam 3 kelompok, yakni: Grup A, Grup B, dan Grup C. Masing-masing grup dihuni oleh 4 tim peserta.

Hasil drawing memunculkan para penghuni Grup A yang terdiri dari: Papua, NTT, Maluku Utara, dan Jawa Barat. Grup B diisi: Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. Kemudian Grup C: Kalimantan Timur, Aceh, Sulawesi Utara, Bengkulu.

Grup A dijadwalkan melakoni pertandingan di Stadion Mandala, Jayapura. Gup B di Stadion Mahachandra Universitas Cendrawasih, Jayapura. Sementara Grup C di Stadion Barnabas Yaouwe, Kabupaten Jayapura.


Regulasi Pemain dan Jadwal


Terkait regulasi pemain, tiap tim peserta wajib menggunakan pesepakbola amatir. Khusus cabor sepak bola putra, pemain yang berlaga maksimal kelahiran 1 Januari 1998, batasan usia tidak berlaku pada cabor sepak bola putri. Tiap tim mendaftarkan minimal 18 pemain, dan maksimal 20 pemain.

Babak penyisihan grup sektor putra terbagi dalam 2 fase. Fase pertama terdiri dari 3 grup yang dihuni 4 tim. Juara dan runner-up grup lolos ke fase grup 6 besar. Babak 6 besar dibagi dalam 2 grup, dengan masing-masing dihuni 3 tim.

Tim juara dan runner-up grup dari fase grup 6 besar akan lolos ke babak knockout, yang dimulai dari semifinal.

Laga pembuka cabor sepak bola putra PON Papua 2021 akan dihelat 27 September 2021, dengan mempertemukan tuan rumah Papua vs Jawa Barat. Sementara laga final dan perebutan medali perunggu dijadwalkan 14 Oktober 2021.


Persiapan Para Peserta PON


Jelang terjun di Grup A, persiapan serius telah dilakoni oleh Tim Jawa Barat. Sang juara bertahan terhitung sudah melakoni total 27 laga uji coba, dengan hasil yang cukup memuaskan lantaran hanya kalah 2 kali. Namun demikian Jabar mendapat lawan tanding rata-rata dari tim yang berlaga di kompetisi Porda.

“Kami ingin banyak uji coba dengan Liga 1 dan Liga 2, tapi kami dapatnya tim Porda, alhamdulilah penampilan anak-anak lumayan,” terang pelatih tim sepak bola putra Jabar, Yudiantara.

Ia menjelaskan sejatinya tim Jabar telah berencana melakukan simulasi dan uji coba melawan tim-tim tangguh termasuk para peserta PON. Namun karena pandemi COVID-19, semua itu urung terjadi.

“Termasuk (melawan) tim Jawa Timur, kita nggak bisa uji coba, dan kita siasati dengan melawan tim-tim yang ada di Jawa Barat,” imbuh Yudiantara.

Adapun Tim Sumatera Utara juga menjalani rangkaian persiapan serius jelang PON Papua. Salah satu tim penghuni Grup B itu bahkan sudah berani pasang target untuk minimal lolos ke semifinal.

“Kita terus matangkan persiapan, baik kerjasama tim maupun lainnya. Laga uji coba juga bagian dari persiapan sebelum masuk ke laga sebenarnya nanti,” jelas pelatih sepak bola PON Sumut, Coly Misrun.

“Kita target ke semifinal dulu,” tegas Misrun soal target Tim Sumut di PON nanti.

Sementara itu, jika sebagian besar tim peserta fokus melakukan persiapan di daerah masing-masing, hal itu tak berlaku untuk tim sepak bola Kalimantan Timur yang justru menggeber program latihan dan uji coba di Propinsi Gorontalo.

Kaltim yang tercatat sebagai penghuni Grup C itu rencananya akan melakukan persiapan selama 10 hari di Gorontalo, sebelum bertolak ke Papua.

“Kurang lebih 10 hari kami akan menjalani latihan di Gorontalo, kemudian tim langsung bertolak menuju Papua, untuk persiapan menjalani pertandingan PON,” ungkap Idham, selaku Manajer Sepak Bola PON Kaltim.


Hasil Drawing Cabor Sepak Bola Putra PON XX/2021 Papua


Grup A
Venue: Stadion Mandala, Kota Jayapura

Papua
NTT
Maluku Utara
Jawa Barat


Grup B
Venue: Stadion Mahachandra, Kota Jayapura

Jawa Timur
Sumatera Utara
Jawa Tengah
Sulawesi Selatan


Grup C
Venue: Stadion Barnabas Youwe, Kab Jayapura

Kalimantan Timur
Aceh
Sulawesi Utara
Bengkulu


Jadwal Lengkap Sepak Bola Putra PON Papua 2021


Berikut jadwal lengkap cabor sepak bola putra di PON Papua XX (ke-20), mulai 27 September hingga 14 Oktober 2021.

Penyisihan Grup

27 September 2021
Papua vs Jawa Barat
Jawa Timur vs Sulawesi Selatan
Kalimantan Timur Vs Bengkulu

28 September 2021
NTT Vs Maluku Utara
Sumatera Utara Vs Jawa Tengah
Aceh Vs Sulawesi Utara

30 September 2021
Jawa Barat Vs NTT
Sulawesi Selatan Vs Sumatera Utara
Bengkulu Vs Aceh

1 Oktober 2021
Maluku Utara Vs Papua
Jawa Tengah Vs Jawa Timur
Sulawesi Utara Vs Kalimantan Timur

3 Oktober 2021
Maluku Utara Vs Jawa Barat
Papua Vs NTT

4 Oktober 2021
Jawa Tengah Vs Sulawesi Selatan
Jawa Timur Vs Sumatera Utara
Sulawesi Utara Vs Bengkulu
Kalimantan Timur Vs Aceh


Fase 6 Besar

6-10 Oktober 2021
Babak Grup 6 Besar


Babak Knockout

12 Oktober 2021
Laga Semifinal

14 Oktober 2021
Laga Playoff Peringkat 3
Partai Final

Baca juga artikel terkait PON PAPUA 2021 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight