Jadwal Piala Thomas-Uber 2020: PBSI Belum Tentukan Strategi

Oleh: Oryza Aditama - 30 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Persiapan ke Piala Thomas-Uber belum bisa ditentukan karena penyusunan strateginya tergantung dari jadwal turnamen-turnamen sebelumnya.
tirto.id - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) belum menentukan strategi untuk menghadapi kejuaraan Piala Thomas-Uber 2020 yang dijadwalkan pada awal Oktober di Aarhus, Denmark.

Achmad Budiharto selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP PBSI belum bisa melakukan persiapan karena masih menunggu informasi mengenai agenda turnamen lain yang dihelat sebelum kejuaraan Thomas-Uber.

“Persiapan ke Piala Thomas dan Uber masih belum bisa ditentukan karena penyusunan strateginya tergantung dari jadwal turnamen-turnamen sebelumnya. Kalau dilangsungkan Oktober, berarti kita punya waktu lima bulan lagi,” ujar Budiharto dikutip dari Antara, Rabu (29/4/2020).

Budiharto menilai jika keberadaan turnamen lain sebelum ajang Thomas-Uber sangat vital untuk menyusun strategi menghadapi kejuaraan beregu tersebut.

Turnamen pendahuluan juga bisa dimanfaatkan sebagai pemanasan bagi para pemain. Para atlet dirasa perlu untuk mengembalikan semangat kompetiif mereka, selepas mengalami vakum turnamen yang cukup panjang.

“Memang sebaiknya ada turnamen lain dulu sebelum Piala Thomas dan Uber, sebagai pemanasan. Jadi para atlet bisa mempersiapkan diri, dan sekaligus latihan juga. Karena latihan tanpa kompetisi itu berbeda rasanya dengan berlatih biasa,” imbuh Budiharto.

Meski demikian, sosok yang juga kerap ditunjuk sebagai Chef de Mission (Ketua Rombongan) saat kontingen bulu tangkis Indonesia melawat ke luar negeri tersebut menilai pemilihan waktu kejuaraan Thomas-Uber pada bulan Oktober sudah tepat. Budiharto juga berharap pandemi di Indonesia sudah berakhir pada periode tersebut.

“Saya rasa, Oktober merupakan waktu yang ideal. Puncak COVID-19 di Indonesia diperkirakan Mei, jadi bulan Juli atau Agustus sudah membaik. Kalau perkiraan ini tepat, berarti kita bisa mematangkan persiapan mulai Agustus sampai September,” ujarnya.

Sebelum ini Federasi Badminton Dunia (BWF) telah merilis jadwal baru untuk Piala Thomas-Uber 2020 yang akan dihelat di kota Aarhus, Denmark, yakni pada 3-11 Oktober.

Kejuaraan bulu tangkis yang memperebutkan lambang supremasi tertinggi sektor beregu putra dan putri tersebut sebenarnya telah mengalami pergeseran jadwal sebanyak dua kali, akibat pandemi Corona (COVID-19).

Ajang ini semula dijadwalkan pada 16-24 Mei, lantas ditunda beberapa bulan menjadi 15-23 Agustus. Dan terakhir kembali mengalami perubahan menjadi 3-11 Oktober.

“BWF dan Badminton Denmark mengonfirmasi bahwa TOTAL BWF Thomas & Uber Cup Finals 2020 di Aarhus, Denmark, memiliki jadwal baru pada 3-11 Oktober 2020,” terang BWF dalam pengumuman resmi mereka pada Rabu (29/4/2020).


Baca juga artikel terkait BULU TANGKIS atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight