Jadwal Piala Super Spanyol 2020: Barca vs ATM, Valencia vs Madrid

Oleh: Fitra Firdaus - 7 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Piala Super Spanyol 2020 di babak semifinal digelar laga Valencia vs Real Madrid (9/1) dan Barcelona vs Atletico Madrid (10/1).
tirto.id - Jadwal Piala Super Spanyol 2020 dimulai sejak babak semifinal yang digelar pada Kamis (8/1/2020) dan Jumat (9/1). Juara Liga Spanyol dua musim terakhir, Barcelona bakal menghadapi Atletico Madrid. Sementara itu, Valencia juara Copa del Rey musim lalu, berjumpa Real Madrid.

Supercopa de Espana musim ini berbeda dengan edisi-edisi terdahulu. Jika biasanya, Piala Super Spanyol hanya mempertemukan juara Liga Spanyol dan kampiun Piala Raja, kali ini berbeda. Ada 4 tim yang berhak tampil.

4 tim tersebut diambil dari dua finalis Copa de Rey, ditambah dua tim teratas di klasemen Liga Spanyol 2018/2019 yang belum lolos dari jalur Copa. Barcelona sendiri, datang dengan status juara Liga Spanyol dan runner-up Copa del Rey.

Di samping mereka, ada Valencia sang juara Piala Raja musim lalu. Selain itu, Atletico Madrid runner-up Liga Spanyol, ikut masuk. Terakhir ada Real Madrid, peringkat ketiga Liga Spanyol, yang turut serta untuk memenuhi slot yang ditinggalkan Barcelona.

Dengan format sistem gugur, pertandingan Piala Super Spanyol yang dilakukan di King Abdullah Sports City, Jeddah dimulai sejak babak semifinal. Pada Kamis (9/1), terjadi duel Valencia kontra Real Madrid sedangkan pada Jumat (10/1) ada laga Barcelona lawan Atletico.

Jika ditinjau dari segi ekonomi, Piala Super Spanyol kali ini menghasilkan pundi uang yang menggiurkan untuk klub peserta. Total ada 40 juta Euro yang didistribusikan kepada empat tim. Dikutip dari Marca, Real Madrid dan Barcelona bakal mendapatkan uang terbanyak jika bisa menjadi juara, mencapai angka 11,5 juta Euro.

Penjualan tiket juga mengagumkan. Hingga Selasa (7/1) dini hari, tiket laga Atletico Madrid kontra Barcelona sudah terjual habis. Sementara, untuk duel Real Madrid lawan Valencia, tinggal tersisa 10.000 tiket saja.

Real Madrid datang ke Arab Saudi tanpa dua pilar utama mereka, Gareth Bale dan Karim Benzema. Tanpa keduanya, pelatih Zinedine Zidane akan bergantung pada barisan penyerang muda, mulai dari Rodrygo Goes, Luka Jovic, hingga Vinicius Junior.

Sementara itu, Barcelona membawa Riqui Puig, gelandang yang sempat menjadi sorotan sepanjang pramusim, ke dalam kompetisi ini. Selama ini, Puig tidak mendapatkan kesempatan di kompetisi reguler dan lebih fokus diasah di level Barcelona B.



Berikut ini jadwal Piala Super Spanyol 2020.

Kamis, 9 Januari 2020
Valencia vs Real Madrid, pukul 02.00 WIB

Jumat, 10 Januari 2020
Barcelona vs Atletico Madrid, pukul 02.00 WIB

Senin, 13 Januari 2020
Final, pukul 01.00 WIB

Baca juga artikel terkait PIALA SUPER SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight