Pramusim Liga 1 2021

Jadwal Piala Menpora 2021, Pembagian Grup, & Alasan Persipura Absen

Oleh: Iswara N Raditya - 10 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Piala Menpora 2021 akan digelar mulai 21 Maret-25 April 2021. Namun, Persipura Jayapura dipastikan absen. Apa alasannya?
tirto.id - Jadwal Piala Menpora 2021, turnamen pramusim Liga 1 tahun ini, akan digelar mulai 21 Maret-25 April 2021. Pembagian grup pun telah ditetapkan dalam hasil drawing pada Senin (8/3/2021). Namun, Persipura Jayapura dipastikan absen. Apa alasannya?

Dalam hasil pengundian babak penyisihan grup, Persipura sebenarnya masih diikutsertakan. Tim Mutiara Hitam tergabung di Grup A bersama Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, dan TIRA Persikabo. Laga-laga Grup A akan dihelat di Stadion Manahan Solo.

Persipura keberatan dilibatkan dalam hasil pengundian babak penyisihan grup Piala Menpora 2021 itu. Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, kaget saat melihat pemberitaan yang menyatakan bahwa panitia masih menantikan keikutsertaan tim Mutiara Hitam hingga pekan depan.

"Padahal sebelum drawing kami sudah bersurat dan menyampaikan tidak bisa ikut Piala Menpora 2021. Mereka sudah tahu itu," tukas Benhur Tomi Mano, dikutip dari postingan Instagram akun resmi Persipura, Selasa (9/3/2021).


Persipura sebenarnya telah membubarkan tim sejak awal tahun 2021 karena persoalan finansial. Bank Papua selaku sponsor utama membatalkan kontrak secara mendadak. Dana Rp5 miliar yang sedianya dialokasikan untuk keperluan tim pun tidak tersedia.

"Kami sangat sayangkan situasi ini, padahal kita punya kesempatan untuk berlaga di AFC Cup 2021. Karena tidak mungkin kita paksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih, dan ofisial," kata Benhur Tomi Mano saat itu, Kamis (7/1/2021), dilansir Antara.

"Dengan surat Bank Papua ini berarti kami tidak lagi punya sumber dana untuk beraktivitas, dan kita semua tahu bagaimana menurunnya ekonomi selama pandemi COVID-19, sehingga kemampuan kita secara finansial juga menurun, apalagi ada kewajiban untuk tetap membayar gaji seluruh personel tim," bebernya.

Situasi ini membuat Persipura terpaksa membubarkan tim. "Sampai kapan (aktivitas tim dihentikan)? Sampai kita dapat dukungan sponsor yang jelas dan pasti," tandas Benhur Tomi Mano.


Alasan Persipura Absen di Piala Menpora 2021

Benhur Tomi Mano menyesalkan pengklaiman sepihak dari pihak penyelenggara Piala Menpora 2021 terkait keikutsertaan klub sepak bola kebanggaan masyarakat Papua itu. Alasan Persipura tidak ingin turut berpartisipasi di Piala Menpora 2021 lantaran sikap yang disebutnya tidak adil.

“Alasan utama kenapa Persipura tidak ikut Piala Menpora ya karena mereka juga, harusnya itu yang mereka jelaskan ke publik, kami berdiam diri ini karena masih menghargai Menpora dan PSSI sebagai federasi. Tapi kalau mereka mau kita sangat siap untuk beberkan secara gamblang apa yang mereka lakukan kepada kami,” tukasnya.

“Sejujurnya kami tidak ikut karena OC/LIB [PT Liga Indonesia Baru] berlaku tidak adil dan tidak profesional. Mereka tahu itu, PSSI juga tahu itu, karena kami sudah bersurat dan menjelaskan semua itu... Kalau saja sejak awal LIB berlaku adil dan saling menghargai hal ini tidak akan terjadi,” lanjut Benhur Tomi Mano.

“Ini soal keputusan dan sikap mereka yang jauh dari rasa keadilan dan rasa saling menghargai. Mereka berlaku tidak adil pada kami, dan mereka tidak menghargai kami, mereka tahu itu, tapi diam saja. Ini bukan profesional,” geramnya.


Pembagian Grup Piala Menpora 2021

Grup A (Solo)
Arema FC
PSIS Semarang
Barito Putera
PS TIRA Persikabo
Persipura Jayapura (Tidak Ikut)

Grup B (Malang)
Persija Jakarta
Bhayangkara Solo FC
Borneo FC
PSM Makassar

Grup C (Bandung)
Persebaya Surabaya
Persik Kediri
Persela Lamongan
Madura United
PSS Sleman

Grup D (Sleman)
Persib Bandung
Bali United
Persiraja Banda Aceh
Persita Tangerang

Baca juga artikel terkait JADWAL PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight