AFC Futsal Championship

Jadwal Piala Asia Futsal 2020 Ditunda & Skuad Timnas Indonesia

Oleh: Iswara N Raditya - 15 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal AFC Futsal Championship atau Piala Asia Futsal resmi ditunda hingga 2021 lantaran pandemi COVID-19.
tirto.id - Jadwal AFC Futsal Championship atau Piala Asia Futsal resmi ditunda hingga 2021 lantaran pandemi COVID-19 yang belum mereda. Sementara itu, Timnas Indonesia futsal justru mulai menggelar training center (TC) sebagai persiapan untuk mengikuti turnamen bergengsi tersebut.

Piala Asia Futsal tahun ini sedianya bakal dilaksanakan di Kuwait mulai 15 Oktober hingga November 2020 mendatang. Tetapi, AFC selaku konfederasi sepak bola Asia akhirnya memutuskan untuk menggeser perhelatan AFC Futsal Championship 2020 hingga tahun depan.

“Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) setelah berdiskusi dengan Asosiasi Sepak Bola Kuwait dan semua pihak terkait telah memutuskan untuk menunda lebih lanjut AFC Futsal Championship 2020 dan akan diadakan pada 2021,” demikian jelas AFC lewat situs resminya, Kamis (15/10/2020).

“Keputusan itu dikonfirmasi setelah mempertimbangkan dengan cermat keselamatan dan kesejahteraan semua tim yang berpartisipasi dan pemangku kepentingan serta menanggapi lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini di Kuwait,” tambah AFC.

Namun demikian, AFC belum menentukan kapan tepatnya AFC Futsal Championship 2020 akan digelar tahun depan. “Tanggal baru untuk kompetisi dan hal serta informasi terkait lainnya akan dikomunikasikan pada waktunya,” demikian penjelasannya.

Timnas Futsal Gelar Pemusatan Latihan

Ketika AFC memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Piala Asia Futsal 2020, Timnas Indonesia justru memulai pemusatan latihan yang digelar di Surabaya mulai hari ini, Kamis (15/10/2020). Sebanyak 19 pemain dipanggil dalam TC Timnas Indonesia futsal kali ini.

"Semua kondisi yang ada sekarang tidak menyurutkan persiapan,” kata Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edhie Prasetyo dalam keterangan resmi, dikutip dari Antara.

“Sekarang FFI mempercayakan penuh kepada pelatih dan pelatih percaya kepada pemain. Begitu pula sebaliknya, semua saling percaya dan bekerja keras," tambahnya.


Dengan digelarnya pemusatan latihan ini, para pemain tim nasional futsal diharapkan bisa mengembalikan kebugaran dengan cepat setelah beberapa waktu vakum latihan lantaran situasi pandemi COVID-19.

"Jadi sebelum ini kami mencari tahu kondisi pemain dan mengontrol, sehingga pada saat mulai TC kondisinya siap dan tidak buruk. Ternyata para pemain bisa mengikuti latihan dengan baik," kata pelatih Timnas Indonesia futsal, Kensuke Takahashi.

Di Piala Asia Futsal atau AFC Futsal Championship 2020 yang pelaksanaannya telah resmi ditunda, Indonesia tergabung di Grup C bersama Uzbekistan, Bahrain, dan Cina. Lima besar di kejuaraan ini nantinya berhak tampil di Piala Dunia Futsal 2021 yang akan dihelat di Lithuania.

“Semoga kita tetap fokus, enggak ada yang lain-lain. Semua harus punya keyakinan bisa ikut meloloskan Indonesia ke Piala Dunia 2021 Lithuania," harap manajer Timnas Indonesia futsal, Dimas Agung.

Daftar Pemain TimnasFutsal

Muhammad Nizar Nayaruddin (Vamos Mataram), Muhammad Iksan Rahadian (Cosmo FC), Muhammad Al Bagir (Black Steel), Sunny Rizky Suhendra (Bintang Timur Surabaya), Mochammad Iqbal Rahmatullah (Bintang Timur Surabaya), Andri Kustiawan (Bintang Timur Surabaya).

Muhammad Subhan Faidasa (Bintang Timur Surabaya), Marvin Alexa Wossiry (Vamos Mataram), Bambang Bayu Saptaji (Halus FC), Rio Pangestu Putra (SKN FC), Ardiansyah Nur (Black Steel), Syauqi Saud (Bintang Timur Surabaya), Guntur Sulistyo Ariwibowo (SKN FC).

Ardiansyah Runtuboy (Bintang Timur Surabaya), Holypaul Septinus N. Soumilena (Black Steel), Samuel Eko Putra Tampubolon (SKN FC), Muhammad Rizky Xavier (Cosmo FC), Iqbal Aliefian (Vamos Mataram), Firman Ardiansyah (IPC Pelindo II).

Baca juga artikel terkait AFC FUTSAL CHAMPIONSHIP 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight