Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri IPB, Unibraw dan Undip

Oleh: Yantina Debora - 19 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman hail seleksi mandiri IPB pada 21 Juli, Unibraw pada 20 Juli dan Undip 22 Juli.
tirto.id - Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) membuka pendaftaran Seleksi Mandiri 2018 usai seleksi SNMPTN dan SBMPTN.

Seleksi mandiri merupakan ujian yang dilaksanakan masing-masing universitas untuk menjaring mahasiswa yang ingin kuliah di kampus terkait.

Tiga PTN yang membuka jalur seleksi mandiri yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (Unibraw) dan Universitas Diponegoro (Undip).

IPB menyebut seleksi masuknya dengan nama Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB). UTM merupakan penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.

"Selama mengikuti pendidikan di IPB, mahasiswa yang masuk dari jalur UTM IPB akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta pertanian," seperti dilansir dari situs web IPB.

Dalam proses seleksi, terdapat dua metode yang digunakan, yaitu melalui ujian tulis yang dilaksanakan oleh IPB atau melalui nilai SBMPTN.

"Bagi yang tidak mengikuti SBMPTN atau tidak ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN, maka calon mahasiswa tersebut harus mengikuti ujian tulis. Jika ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN yang sudah diikutinya, maka calon mahasiswa tidak perlu mengikuti ujian tulis," menurut keterangan dalam situs web IPB.

"Nilai SBMPTN yang akan digunakan adalah nilai mata pelajaran yang sesuai dengan Materi Ujian Tulis UTM IPB."

Berbeda dengan IPB, seleksi mandiri Unibraw disebut SELMA 2018. SELMA Unibraw tidak memerlukan ujian baik berupa Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Seleksi hanya didasarkan pada nilai yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2018.

Sedangkan ujian masuk Undip merupakan seleksi mahasiswa strata I (S1) di Universitas Diponegoro selain melalui jalur SBUB, SNMPTN dan SBMPTN. Siswa yang tak lolos seleksi SNMPTN atau SBMPTN, bisa memilih seleksi masuk melalui jalur mandiri ini.

Pengumuman Hasil UTM IPB

Hasil seleksi Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor (UTM IPB) akan diumumkan pada, Sabtu 21 Juli 2018, yang bisa dicek melalui tautan utm.ipb.ac.id.

Pengumuman Hasil SELMA Unibraw

Informasi Hasil Seleksi Mandiri Unibraw diumumkan pada tanggal 20 Juli 2018 dan dapat dilihat melalui laman http://selma.ub.ac.id. Bagi peserta yang diterima dapat melakukan pemberkasan online tanggal 21 Juli s/d 30 Juli 2018.

Pengumuman Penetapan Biaya Pendidikan tanggal 3 Agustus 2018 (lihat di Selma.ub.ac.id). Pembayaran biaya pendidikan tanggal 5-11 Agustus 2018.

Pengumuman Hasil UM Undip

Pengumuman hasil UM Undip akan dilakukan pada Sabtu 22 Juli 2018. Informasi soal hasil UM Undip 2018 bisa dilihat secara lengkap di situs web um.undip.ac.id.

Sebelumnya, Tirto mengutip dari situs web Unibraw bahwa pengumuman SELMA Unibraw akan dilakukan pada 20 Juli, namun pada 19 Juli 2018, melalui akun Twitternya, pihak Unibraw mengumumkan "Mandiri UB diumumkan sejak pukul 14.00 WIB, hari ini (19/7/2018) dan dapat dilihat di: http://pengumuman.ub.ac.id."


Baca juga artikel terkait SELEKSI MAHASISWA BARU atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora